Cara Mengetahui Cat Rumah Yang Aman untuk Kesehatan

Cara Mengetahui Cat Rumah Yang Aman untuk Kesehatan
Credits: Pixabay
Cara Mengetahui Cat Rumah Yang Aman untuk Kesehatan - Menurut Badan Perlindungan Lingkungan AS (EPA), kualitas udara dalam ruangan yang buruk merupakan salah satu dari lima risiko kesehatan terkemuka. Di antara kontaminan utama udara dalam ruangan adalah cat, pernis, dan pelarut yang kami gunakan yang mengandung senyawa organik yang mudah menguap, atau VOC. 

VOC biasanya paling tinggi dalam cat berbahan dasar minyak dan pelapis lainnya, tetapi cat ini juga ada di sebagian besar cat berbahan dasar air atau "lateks". Paparan VOC dalam cat dapat memicu serangan asma, iritasi mata, masalah pernapasan, mual, dan pusing, di antara gejala lainnya. Paparan yang lama telah dikaitkan dengan penyakit ginjal dan hati dan bahkan kanker.

Mengingat kekhawatiran kesehatan konsumen dan peraturan pemerintah yang diperbarui, cat alternatif telah memasuki pasar dalam beberapa tahun terakhir, menawarkan formula berkualitas tinggi dengan harga terjangkau dengan tingkat VOC yang relatif rendah. Namun, tidak semua cat VOC rendah atau tanpa VOC sama-sama sehat untuk udara di dalam ruangan Anda. Memahami beberapa dasar-dasar standar VOC dapat membantu Anda memilih cat yang memenuhi persyaratan keselamatan Anda sendiri. 

Baca juga: 9 Tips Melukis Interior Rumah untuk Hasil Sempurna

Green Seal Standard GS-11 untuk Cat dengan Bau Rendah atau VOC Rendah


Standar sukarela untuk konten VOC dalam produk cat alternatif telah ditetapkan oleh Green Seal® , organisasi nirlaba independen yang menetapkan standar untuk produk yang bertanggung jawab terhadap lingkungan, atau "hijau,". Sertifikasi Green Seal untuk Standar GS-11 didasarkan pada konten VOC, tidak adanya bahan kimia, daya tahan, dan kinerja, di antara kriteria lainnya.


Organisasi Green Seal menetapkan standar yang jauh lebih ketat daripada EPA untuk tingkat VOC yang dapat diterima dalam cat. Untuk cat interior, EPA memungkinkan kadar 250 gram per liter (g / L) untuk cat berbasis air dan 380 g / L untuk cat berbasis minyak, sedangkan Green Seal hanya mengizinkan 50 g / L untuk cat datar dan 150 g / L untuk jenis cat lainnya.


Sertifikasi Green Seal juga melarang penggunaan banyak bahan kimia beracun yang biasa digunakan dalam cat konvensional:

  • Halometana (metilen klorida)
  • Ethan terklorinasi (1,1,1-trikloroetana)
  • Pelarut aromatik (benzena, toluena, etilbenzena)
  • Etilen terklorinasi (vinil klorida)
  • Aromatik polinuklear (naftalena)
  • Chlorobenzenes (1,2-dichlorobenzene)
  • Ester ftalat
  • Lain-lain organik semi-volatil (isoforon)
  • Logam berat dan senyawanya (antimon, kadmium, kromium heksavalen, timbal, merkuri)
  • Pengawet (formaldehyde)
  • Keton (metil etil keton, metil isobutil keton)
  • Organik volatile lain-lain (akrolein, akrilonitril)

Cat Rendah Bau atau Rendah-VOC


Tidak ada standar wajib yang jelas untuk apa yang merupakan cat " rendah-VOC " atau "rendah-bau". Bahkan standar sukarela yang ada tidak termasuk VOC yang mungkin ada dalam pigmen warna yang ditambahkan ke cat di toko cat. Dan seperti banyak pemasaran "organik" susu dan makanan kita, beberapa perusahaan menggunakan istilah ini secara longgar untuk tujuan pemasaran. 

Lebih jauh lagi, karena istilah-istilah ini membingungkan, banyak pegawai toko mungkin tidak tahu isi cat VOC yang sebenarnya. Pada akhirnya terserah kepada Anda untuk membaca label untuk melihat apakah cat setidaknya memenuhi atau melampaui Standar Green Seal GS-11.

Rendah-Bau dan Rendah-VOC adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan konten VOC yang memenuhi standar EPA kurang ketat dari 250 g / L untuk cat lateks atau 380 g / L untuk cat berbasis minyak. Tapi di sinilah itu membingungkan. Sebuah cat dapat diberi label "Rendah-VOC" dan secara signifikan lebih baik daripada standar-standar ini. Misalnya, jika Anda membeli cat bersertifikasi Green Seal, konten VOC maksimum akan menjadi 50 g / L untuk cat datar atau 150 g / L untuk cat lain — bukan 250 g / L, sesuai standar EPA.


Untuk cat yang benar-benar rendah VOC, Anda harus mencari kisaran VOC 10 hingga 25 g / L.

Zero-or No-VOC Paint

Cat Zero-VOC atau No-VOC adalah istilah yang keliru, karena cat ini mengandung kadar VOC yang sangat, sangat rendah. Biasanya, cat yang dipasarkan dengan judul ini akan memiliki tingkat VOC di bawah 5 g / L. Bahkan ketika menambahkan pigmen warna di toko cat, yang dapat menambahkan 2 hingga 5 g / L VOC, total konten VOC untuk cat campuran harus di bawah 10 g / L, yang sangat baik.


Ini serendah yang didapat untuk konten VOC dalam cat yang ditawarkan oleh perusahaan cat besar. Untuk mendapatkan konten VOC yang lebih rendah dari ini, Anda harus menggunakan cat alami atau non-toksik yang lebih mahal dan lebih murah.

Cat Tidak Beracun atau Alami


Cat tidak beracun dan alami terutama dibuat oleh perusahaan cat alternatif. Produk-produk ini bisa lebih sulit ditemukan daripada cat konvensional, dan Anda mungkin harus memesannya secara online. Mereka terbuat dari bahan-bahan alami, dan meskipun ramah lingkungan dan sehat, Anda mungkin mengalami beberapa perbedaan kinerja dalam cara cat menutupi (atau tidak) dan mengalir dari kuas. Perlu diketahui bahwa cat ini tidak semua bertindak seperti cat yang diproduksi secara massal yang kita kenal.


Meskipun demikian, cat yang tidak beracun atau alami sama amannya dengan cat. Bahan baku mereka semua alami dan termasuk hal-hal seperti:
  • air
  • Minyak nabati (seperti jeruk)
  • Pewarna tanaman
  • Mineral alami, seperti tanah liat
  • Protein susu
  • Lateks alami
  • Lilin lebah
  • Pewarna tanah dan mineral dan bahan lainnya

Alternatif Baru — Cat Keramik


Generasi berikutnya dalam cat VOC rendah telah tiba dengan munculnya cat keramik . Ini bukan untuk digunakan pada keramik, melainkan cat dinding interior standar yang menggunakan manik-manik keramik mikroskopis sebagai komponen kunci dari film cat. Manik-manik keramik menambah daya tahan dan daya tahan pada cat, membuatnya lebih tahan noda dan tahan lama dibandingkan cat konvensional. Ada cat keramik di pasaran dengan tingkat VOC serendah 20 g / L.
Loading...

0 Response to "Cara Mengetahui Cat Rumah Yang Aman untuk Kesehatan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel