Apa itu Google Scholar (Google Cendekia)?

Apa itu Google Scholar (Google Cendikia)?
Credits: searchengineland
  • Google Scholar adalah basis data literatur ilmiah yang dapat ditelusuri.
  • Ini menghubungkan pengguna dengan artikel studi dan jurnal, tetapi itu tidak selalu berarti Anda memiliki akses gratis dan penuh ke artikel tersebut. Anda mungkin memerlukan keanggotaan untuk membaca versi lengkap.
  • Google Scholar dapat menjadi alat penelitian yang berharga, terutama bagi mereka yang mengejar pendidikan tinggi.

Didirikan pada tahun 2004, Google Scholar adalah basis data besar literatur ilmiah yang memungkinkan pengguna untuk mengakses informasi, referensi silang dengan sumber lain, dan mengikuti penelitian baru saat itu muncul.

Beranda Google Scholar terlihat sangat mirip dengan Google homepage. Google
Beranda Google Scholar terlihat sangat mirip dengan Google homepage. Google
Dengan menggunakan Google Scholar, Anda dapat mengakses sumber-sumber ini:

  1. Jurnal
  2. Makalah konferensi
  3. Buku akademik
  4. Pra-cetak
  5. Tesis dan disertasi
  6. Abstrak
  7. Laporan teknis
  8. Literatur ilmiah lainnya dari "semua bidang penelitian"

Berikut ini lebih lanjut tentang alat penelitian yang ampuh.

Baca juga: Pengantar Teori Bahasa dan Automata

Siapa yang bisa menggunakan Google Scholar

Siapa pun dapat mengakses database pencarian. Dan sementara itu dibangun dengan mempertimbangkan siswa sekolah menengah atau pascasarjana dan akademisi lainnya - ini dapat membantu mereka yang menulis makalah akademik membuat bibliografi lebih mudah - siapa pun dapat memperoleh manfaatnya.

Berikut adalah beberapa contoh yang dapat Anda lakukan melalui Google Scholar:
  • Anda dapat membuat perpustakaan penelitian tentang topik yang diminati, seperti pemanasan global, dan membuat peringatan agar Anda selalu terbarui dengan penelitian terbaru.
  • Anda bisa mendapatkan pengetahuan yang lebih dalam seputar topik yang rumit, seperti studi di bidang astronomi yang Anda minati.
  • Anda dapat meneliti hukum kasus untuk membangun pemahaman yang lebih dalam tentang politik Amerika dan Mahkamah Agung.

Cara mengakses materi di Google Scholar


Google Scholar sendiri gratis untuk digunakan sebagai alat pencarian. Namun, karena ini menarik informasi dari banyak database lain, ada kemungkinan bahwa informasi yang Anda tarik akan memerlukan login (atau bahkan pembayaran) untuk mengakses informasi lengkap.

Namun, abstrak makalah - introduksi intisari dan ringkasan artikel atau studi - biasanya gratis dan memberikan ikhtisar tentang apa yang terkandung di dalamnya.

Apa itu Google Scholar (Google Cendikia)?

Praktik terbaik Google scholar dan tips pencarian


Google Scholar menarik dari banyak penelitian, jadi yang terbaik adalah mempersempit pencarian Anda untuk mendapatkan informasi yang paling relevan. Berikut adalah beberapa cara untuk melakukannya:

1. Urutkan pencarian Anda berdasarkan tanggal (atau tentukan tanggal mulai) untuk menemukan data terbaru yang paling relevan.

2. Carilah kata kunci “semua versi,” “artikel terkait,” dan “dikutip oleh” untuk mencari artikel versi gratis; Anda harus mencari PDF dan posting oleh perpustakaan.

3. Lihatlah bagian referensi artikel untuk mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam tentang suatu topik.

Google Scholar memberikan jalan yang sangat baik ke dalam penelitian ilmiah, dan meskipun ada kekurangannya, ini adalah alat yang dapat digunakan untuk membantu memperjelas, mengeksplorasi, dan memberi informasi kepada pengguna tentang beragam topik.

Kuncinya adalah mengetahui apa yang Anda inginkan dan meluangkan sedikit waktu untuk mengasah keterampilan riset Anda.
Loading...

0 Response to "Apa itu Google Scholar (Google Cendekia)?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel