13 Fakta Menarik Tentang Papua Indonesia

Credits: Wikimedia
Bagaimana menurut Anda jika Anda mendengar tentang Papua? Apakah Anda membayangkan Raja Ampat sebagai tempat paling indah yang ingin Anda kunjungi? Yap, Raja Ampat adalah salah satu tujuan populer bagi wisatawan asing.

Sebenarnya, Papua dianggap sebagai daerah yang indah di bagian timur Indonesia. Selain itu, provinsi ini kaya akan mineral, hutan, dan sumber daya alam lainnya. Untuk mengetahui lebih banyak fakta tentang Papua, Anda bisa membaca artikel ini sampai habis berikut ini.

268 bahasa lokal digunakan di Papua di samping Bahasa Indonesia


Setidaknya ada 268 bahasa di Papua (Provinsi Papua & Papua Barat). Nama-nama bahasa di Papua terbentuk dari sejarah panjang Papua, termasuk dalam kolonialisme, serta interaksi dengan suku-suku di sekitarnya, interaksi di antara orang-orang Papua, dan kegiatan non-ilmiah lainnya. Karena sebagian besar bahasa mayoritas tidak pernah memiliki budaya menulis, nama bahasa ditulis dalam huruf Latin. Banyak bahasa juga dikenal untuk lebih dari satu nama, ejaan dan pengodean ulang. 

Setidaknya 255 suku asli ditemukan di Papua


Papua adalah pulau yang dihuni oleh ratusan suku yang berasal dari Papua. Estimasi total suku di Papua adalah 255 suku. Keunikan suku-suku ini di Papua adalah karena memiliki ras yang berbeda dengan suku-suku di bagian lain Indonesia. Itulah sebabnya beberapa suku di Papua dianggap sebagai Suku Asli Indonesia . Suku-suku ini di Papua memiliki ras Negroid, seperti suku-suku yang ada di Afrika.

Mereka memiliki struktur fisik yang kokoh, kulit gelap dan rambut keriting. Suku Papua adalah manusia pertama yang ada di Asia Tenggara, puluhan ribu tahun sebelum masuknya bangsa Melayu. 

Memiliki risiko bencana alam yang tinggi


Badan Penanggulangan Bencana Daerah Papua mencatat bahwa tujuh dari 11 kabupaten di wilayah tersebut memiliki risiko bencana alam yang tinggi seperti gempa bumi, banjir bandang, dan tsunami. Berdasarkan indeks risiko bencana nasional, wilayah di Papua seperti Ampnir, Distrik Manokwari, Kabupaten Raja Ampat, Kabupaten Teluk Bintuni, Kabupaten Teluk Wondama, Kabupaten Sorong, Kabupaten Sorong Selatan, dan Kabupaten Maybrat terdaftar sebagai daerah yang sangat rawan bencana di Barat. Papua. 

Sebagian besar penduduk Papua tidak menyukai kata Papua atau Irian


Tidak banyak orang tahu bahwa kata 'Papua' tidak disukai oleh penduduk asli Papua. Kata "PAPUA" memiliki arti yang buruk. Ini dikembangkan oleh Portugis dan Belanda selama masa mereka di Papua untuk memecah belah orang Papua.

Mereka lebih suka menyebut negara mereka dengan nama Nuu Waar. Nuu berarti cahaya, sinar atau cahaya. Sedangkan Waar dari kata Eva, makna pertama adalah 'mengaku' atau diterjemahkan dengan makna yang lebih dalam yang berarti 'menyimpan rahasia'. Dari Onim (Patipi) Nuu juga ringan. Waar berarti perut besar keluar dari perut Ibu. Maka nama Nuu Waar berarti negara yang mengaku menyimpan atau membawa rahasia.

Lokasi satu-satunya gunung bersalju di Indonesia


Gunung Jayawijaya adalah impian bagi pendaki Asia, terutama mereka yang tinggal di Indonesia. Karena itu, puncaknya adalah tanah tertinggi di Indonesia dan di Asia. Ketinggian 4.884 meter di atas permukaan. Gunung ini juga dianggap sebagai salah satu Gunung Tertinggi di Indonesia dengan Pemandangan Menakjubkan. Di puncak gunung ini, ada daerah bersalju. Hal khusus lainnya adalah Anda dapat menemukan benda atau benda laut di puncak gunung, seperti rumah kerang atau fosil laut lainnya. Itu karena puncak Jayawijaya dulunya adalah dasar lautan. 

Ada organisasi separatisme yang disebut "Organisasi Papua Merdeka"


Organisasi Papua Merdeka atau biasa disebut OPM adalah organisasi yang memiliki misi untuk memisahkan Papua dari Indonesia. Anggota kelompok OPM sering melakukan kekerasan terhadap warga sipil dan pasukan keamanan untuk memperjuangkan politik mereka. Ini jelas disebut "Separatisme".

Mereka bahkan terus mencari dukungan internasional dengan menciptakan masalah tentang terjadinya pelanggaran HAM di Papua, seolah-olah ada perlakuan tidak adil dari pemerintah pusat dan aparat keamanan kepada masyarakat Papua.

Memiliki potensi sumber daya alam yang besar


Apakah Anda kenal Freeport? Ya, itu adalah perusahaan pertambangan terbesar di Indonesia. Sudah diketahui bahwa Papua sangat kaya dengan berbagai sumber daya alam. Sektor pertambangan sudah mampu berkontribusi lebih dari 50% ekonomi Papua, dengan tembaga, emas, minyak dan gas. Ini memiliki potensi 2,5 miliar ton biji emas dan bijih tembaga. Semuanya berada di wilayah konsesi Freeport.

Ada 6,3 juta ton batu bara, batu kapur di atas lahan seluas 190.000 ha, pasir kuarsa 75 ha dengan potensi hasil 21,5 juta ton, 1,2 juta ton tanah liat, 350 juta ton marmer, 125 juta ton granit, dan lainnya produk pertambangan seperti pasir besi, nikel dan krom. 

Lokasi gua terdalam


Tim ekspedisi Speleology (pengetahuan yang mempelajari tentang gua) dari Perancis telah menemukan gua terdalam di dunia. Terletak di pegunungan Lina, desa Irameba, distrik Anggi, Manokwari, Irian Jaya Barat.

Kedalaman gua mencapai 2.000 meter. Dengan kedalaman itu, gua itu konon merupakan yang terdalam di dunia setelah gua Lamprechtsofen-Vogelshacht di Austria (1.632 m), Mirolda / Lucien Bouclier di Perancis (1.610 m), dan Reseau Jean Bernard, juga di Perancis (1.602 m). 

Ada binatang endemik yang khas


Untuk dikatakan endemik, suatu organisme harus ditemukan hanya di suatu tempat dan tidak ditemukan di tempat lain. Papua adalah tempat dengan banyak hewan endemik unik di Indonesia. Jika Anda mengunjungi Papua, Anda akan dengan mudah menemukan Cendrawasih merah, hiu karpet berbintik, kanguru pohon emas, kasuari satu-ratap, dan yang terakhir adalah burung beo sayap hitam. Di sana Anda juga bisa menemukan Bird of Paradise Papua.

Pelaut Portugis adalah penemu pertama Papua


Jika kita melihat Sejarah Papua Barat Indonesia, Papua ditemukan pertama kali oleh pelaut Portugis pada 1511. Sejak abad ke - 16 , salah satu sumber penghasilannya adalah sebagai penghasil rempah-rempah. Sangat terkenal pada tahun 1521 yang merupakan cikal bakal ditemukannya pulau Papua oleh Spanyol maritim dan Portugis, rempah-rempah yang disebut 'Buah Pala' dan juga bulu-bulu burung sebagai ornamen yang diperoleh dari burung-burung yang disebut Cenderawasih.

Pulau terbesar kedua di dunia


Papua dianggap sebagai pulau terbesar kedua di dunia. Pulau Papua dibagi menjadi dua wilayah berbeda di negara ini. Belahan pulau menjadi wilayah Indonesia, dan separuhnya lagi merupakan bagian dari Papua Nugini. Luas pulau ini mencapai sekitar 786.000 km². Meskipun Papua cukup dekat dengan Australia, Papua dianggap sebagai bagian dari Asia.

Tas tradisional Papua diakui sebagai warisan budaya dunia oleh UNESCO


Tas tradisional Papua yang biasa disebut Noken diakui sebagai salah satu warisan budaya dunia oleh UNESCO. Noken adalah tas tradisional yang terbuat dari kulit kayu atau serat pohon yang dibentuk dengan sistem tenun atau rajutan. Bentuk rajutan biasanya berbentuk jaring dan digunakan oleh publik untuk membawa barang dengan menempelkan tali ikatan Noken ke kepala mereka, sedangkan koper diletakkan di bagian belakang. Ini sangat unik, bukan?

Tidak lagi dianggap sebagai daerah tertinggal


Banyak orang menilai bahwa semua orang Papua telanjang dan suka makan manusia. Seperti yang Anda ketahui, kanibalisme telah berhenti dari Papua sejak lama. Dan jika Anda berpikir banyak orang Papua masih telanjang, itu hanya ada di beberapa daerah terpencil di Papua.

Meskipun masih banyak daerah pedalaman, Papua umumnya cukup maju. Sudah ada banyak mal dan pasar modern. Tetapi karena orang Papua cukup dekat dengan alam, keaslian sifat Papua masih dipertahankan. Beberapa seniman Indonesia sering mengadakan konser atau bertemu dan menyapa di Papua.

Itu adalah fakta yang mungkin memotivasi Anda untuk menjelajahi Papua. Beberapa tempat di Papua mungkin populer di benak Anda, namun ada begitu banyak fakta yang masih belum Anda ketahui. Ketika Anda berkunjung ke sana, Anda juga bisa mempelajari beberapa hal unik dari Budaya Papua Indonesia. Sekarang, apakah Anda siap untuk melakukan perjalanan ke Papua? Ini akan menjadi pengalaman yang luar biasa.
Loading...

0 Response to "13 Fakta Menarik Tentang Papua Indonesia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel