Cara Mendiagnosis Masalah Penguras Mesin Cuci

Cara Mendiagnosis Masalah Penguras Mesin Cuci - Masalah pembuangan dengan mesin cuci masuk ke dalam salah satu dari dua kategori: air tidak akan mengalir keluar dari mesin cuci itu sendiri, atau air memang keluar dari mesin cuci tetapi tidak dapat mengalir dengan baik melalui pipa pembuangan. 

Sejumlah masalah spesifik yang berbeda dapat menyebabkan masalah umum ini, dan mendiagnosisnya dapat menjadi bisnis yang rumit. Beberapa masalah, Anda dapat memperbaiki sendiri , sementara yang lain mungkin akan membutuhkan service panggil untuk perbaikan alat.

Credits: PXhere

Mendiagnosis Masalah Penguras Mesin Cuci


Pertama, pastikan untuk berkonsultasi dengan manual book mesin cuci Anda. Bagian pemecahan masalah dapat memberi Anda saran untuk kemungkinan alasan masalah pembuangan. Beberapa mesin cuci modern menampilkan kode kesalahan yang akan mengidentifikasi masalah untuk Anda. Jika ini tidak mengidentifikasi masalah, amati mesin cuci Anda saat berjalan melalui salah satu siklus pembuangannya. Saat Anda menyaksikan mesin beraksi, salah satu masalah berikut kemungkinan akan diidentifikasi:

  1. Menyumbat tabung pembuangan karet yang mengarah dari mesin cuci ke pipa saluran pembuangan
  2. Bahan yang menghalangi filter pompa air atau impeler
  3. Kegagalan mekanis pompa air
  4. Belt drive longgar atau rusak
  5. Sakelar tutup yang salah
  6. Menyumbat sistem pembuangan

Masalah Selang Mesin Cuci


Jika Anda mendengar pompa mesin cuci beroperasi tetapi tidak ada air yang keluar dari mesin cuci kemungkinan selang pembuangan karet mengalir dari bagian belakang mesin ke pipa saluran pembuangan atau bak cuci tersumbat dengan serat kain. Ini kadang-kadang bisa terjadi setelah Anda mencuci barang-barang seperti karpet, yang mungkin mengeluarkan banyak serat kain, atau jika selang pembuangan terjepit. Jika selang tersumbat, itu bisa mencegah air dipompa keluar dari mesin.

Untuk mengujinya, lepaskan selang pembuangan yang terpasang pada mesin cuci dan pastikan sudah bersih. Cara mudah untuk memeriksa apakah selang pembuangan sudah bersih adalah dengan meniupkan udara ke dalamnya. Jika tidak ada yang menghalangi tabung pembuangan, masalahnya kemungkinan besar di pompa mesin cuci. Jika selang aus atau kusut , mengganti selang dapat meningkatkan kemampuan mesin untuk memompa air.

Masalah Pompa Pembuangan Mesin Cuci


Jika Anda dapat mendengar pompa bekerja tetapi terdengar seperti sedang bekerja, mungkin ada selembar kain atau benda lain yang menghalangi mekanisme pompa. Untuk mengatasinya , Anda harus mematikan dan menguras mesin, kemudian lepaskan panel mesin cuci untuk memeriksa pompa air. Pompa itu sendiri mungkin tersumbat, atau menyumbat mungkin dalam tabung bergelombang yang mengarah ke pompa.

Sebagian besar pompa memiliki penutup yang dapat dilepas, dan di dalamnya Anda akan menemukan layar filter pada pompa. Jika layar ini tersumbat oleh puing-puing, membersihkannya dan memasang kembali pompa kemungkinan akan memperbaiki masalah.

Pada mesin cuci top-loading , pompa biasanya terletak di bagian belakang mesin; pada front-loader, biasanya ditemukan di bagian depan mesin, di bawah pintu. Buka semua serat yang terlihat dari layar filter dan bilas dengan air. Juga, periksa impeler pada pompa dan pastikan mereka bergerak bebas dan tidak macet dengan halangan apa pun. Pasang kembali pompa dan panel penutup, lalu uji mesin.

Jika pompa tidak mengeluarkan suara pengoperasian sama sekali, atau jika Anda tidak menemukan penghalang di pompa atau selang pembuangan, ada kemungkinan pompa air Anda rusak dan perlu diganti. Ini biasanya merupakan pekerjaan untuk orang yang memperbaiki alat, meskipun mungkin bagi pemilik rumah yang terampil memesan komponen dan melakukan penggantian.

Masalah Drive Belt


Pompa dioperasikan oleh sabuk penggerak yang pas di sekitar katrol di bagian bawah motor mesin cuci. Jika sabuk ini rusak atau tidak kencang pada katrol, mesin cuci akan mengalami kesulitan pengeringan atau mungkin tidak mengalir sama sekali. Memperbaiki ini akan mengharuskan Anda untuk membalikkan mesin untuk memeriksa sabuk. Pemilik rumah dapat melakukan ini sendiri, meskipun banyak yang memilih untuk memiliki orang perbaikan menangani perbaikan tingkat ini.

Masalah Switch Tutup


Tepat di bawah tutup atau pintu pada mesin cuci, saklar plastik kecil berfungsi untuk merasakan ketika pintu ditutup sehingga mesin dapat beroperasi. Jika sakelar ini rusak, mesin mungkin gagal mengalir dengan benar. Dengan pintu terbuka dan mesin bekerja, tekan sakelar dengan tangan dan dengarkan bunyi klik. Jika Anda tidak mendengarnya, sakelar mungkin perlu diganti.

Masalah Sistem Plumbing


Jika air berhasil dipompa keluar dari mesin tetapi kemudian tumpah keluar dari tabung saluran pembuangan atau cadangan di bak cuci, maka masalahnya kemungkinan adalah penyumbatan saluran pembuangan tradisional. Karena serat kain kecil secara rutin disiram melalui sistem, itu umum terjadi penyumbatan saluran di pipa saluran pipa tempat mesin cuci mengalir. Saluran yang tersumbat menyebabkan air untuk kembali ke pipa tegak dan tumpah di lantai. Membersihkan saluran yang tersumbat biasanya akan menyelesaikan masalah.

Selang pembuangan mesin cuci turun sekitar dua kaki ke pipa saluran pembuangan. (Dalam beberapa mesin, selang pembuangan mungkin hanya dijepit ke sisi bak cuci, meskipun ini bukan praktik yang dapat diterima lagi.) Dari sana, air kemudian masuk ke dalam perangkap pembuangan. Bakiak bisa berada di area jebakan ini, atau bisa juga lebih jauh ke saluran pembuangan.

Untuk menentukan di mana letak bakiak, pertama, isi mesin cuci dengan air. Putar dial ke pengaturan putaran / tiriskan dan bersiap untuk mengalirkannya. Posisikan diri Anda di tempat Anda dapat melihat pipa saluran pembuangan sementara masih memiliki akses ke putaran mesin cuci. Dengan menonton pipa tegak, Anda akan mencoba untuk melihat berapa lama air untuk mundur dan keluar dari pipa pembuangan. Catatan: Bersiaplah untuk menghentikan mesin cuci dari pengeringan kapan saja.

Jika mesin cuci mundur hanya dalam beberapa detik, maka penyumbat kemungkinan sangat dekat dan dapat dibersihkan dengan ular penguras daya kecil yang dioperasikan melalui pipa tegak. Anda bahkan dapat membersihkannya dengan ular kecil yang dioperasikan dengan tangan.
Jika saluran pembuangan membutuhkan waktu untuk mundur, maka penghentian agak jauh di bawah pipa saluran, mungkin bahkan melewati perangkap saluran. Dalam hal ini, Anda harus menggunakan ular tiriskan sedang melalui pembersihan untuk membersihkan penghentian.

Kebanyakan orang tidak memiliki ular drainase yang diperlukan untuk membersihkan penyumbatan jenis ini. Untungnya, mereka dapat disewa per jam dari perbaikan rumah dan toko penyewaan alat jika Anda memutuskan untuk melakukannya sendiri. Seringkali ada fitting pembersih di belakang mesin cuci yang dapat digunakan untuk mematikan pipa pembuangan.
Loading...

0 Response to "Cara Mendiagnosis Masalah Penguras Mesin Cuci"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel