Apa itu GAS AIR MATA dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Apa itu GAS AIR MATA dan Bagaimana Cara Kerjanya? - Gas air mata, atau agen lachrymatory, mengacu pada salah satu dari sejumlah senyawa kimia yang menyebabkan air mata dan rasa sakit pada mata dan terkadang kebutaan sementara. Gas air mata dapat digunakan untuk pertahanan diri, tetapi lebih sering digunakan sebagai senjata untuk kontrol kerusuhan dan sebagai senjata kimia.

Credits: Halodoc

Cara Kerja Gas Air Mata


Gas air mata mengiritasi selaput lendir mata, hidung, mulut, dan paru-paru. Iritasi dapat disebabkan oleh reaksi kimia dengan kelompok enzim sulfhidril , meskipun mekanisme lain juga terjadi. Hasil pemaparan adalah batuk, bersin, dan sobek. Gas air mata umumnya tidak mematikan, tetapi beberapa zat beracun .

Contoh Gas Air Mata


Sebenarnya, zat gas air mata biasanya bukan gas. Sebagian besar senyawa yang digunakan sebagai agen air mata adalah padatan pada suhu kamar. Mereka ditangguhkan dalam larutan dan disemprotkan sebagai aerosol atau di granat. 

Ada berbagai jenis senyawa yang dapat digunakan sebagai gas air mata, tetapi mereka sering berbagi elemen struktural Z = CCX, di mana Z menunjukkan karbon atau oksigen dan X adalah bromida atau klorida.
  • CS (chlorobenzylidenemalononitrile)
  • CR
  • CN (chloroacetophenone) yang dapat dijual sebagai Gada
  • bromoacetone
  • phenacyl bromide
  • xylyl bromide
  • semprotan merica (berasal dari cabai dan paling umum dilarutkan dalam minyak sayur)

Semprotan merica sedikit berbeda dari jenis gas air mata lainnya. Ini adalah zat pemicu peradangan yang menyebabkan peradangan dan pembakaran mata, hidung, dan mulut. 

Sementara itu lebih melemahkan daripada agen lachrymatory, lebih sulit untuk disampaikan, sehingga lebih banyak digunakan untuk perlindungan pribadi terhadap satu individu atau hewan daripada untuk pengendalian kerumunan massa.
Loading...

0 Response to "Apa itu GAS AIR MATA dan Bagaimana Cara Kerjanya?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel