CMOS Checksum Error: Apa Artinya Dan Cara Memperbaikinya

CMOS Checksum Error: Apa Artinya Dan Cara Memperbaikinya - Sebelum sistem operasi Anda melakukan booting, motherboard komputer menangani banyak tugas tingkat rendah, menyiapkan semua komponen sistem untuk dijalankan dan pada akhirnya menyerahkan semuanya ke sistem operasi.

Perangkat lunak pada motherboard disebut BIOS (Basic Input Output System). Selain mem-boot komputer Anda, BIOS berisi banyak pengaturan untuk perangkat kerasnya, seperti kecepatan, voltase, waktu sistem, dan prioritas booting. Pengaturan BIOS tidak disimpan di hard drive Anda. Mereka menggunakan chip mereka sendiri yang disebut CMOS (Complementary Metal Oxide Semiconductor).

Credits: bios-chips24.com

Apa itu Checksum CMOS Error ?


Setiap kali Anda melakukan perubahan pada pengaturan BIOS Anda, nyalakan komputer Anda, atau matikan, acara-acara itu ditulis ke CMOS. Itu melacak hal-hal untuk memastikan bahwa hal-hal berjalan normal pada saat Anda memulai komputer Anda berikutnya. CMOS tetap menyala sementara bagian lain dari komputer mati karena didukung oleh baterai arloji.

Ketika komputer dinyalakan, ia mencoba membaca status terakhir dari CMOS. Biasanya, ia dapat membaca informasi dan memulihkan dirinya sendiri tanpa masalah. CMOS Checksum error terjadi ketika komputer tidak dapat membaca informasi itu atau tidak cukup cocok.

Apa Penyebabnya?


Ada banyak alasan potensial untuk kesalahan checksum CMOS, tetapi mereka hampir semua kembali ke informasi tentang CMOS yang korup karena satu dan lain alasan.

Salah satu penyebab paling umum untuk kesalahan checksum juga paling sederhana untuk dipecahkan. Baterai yang memberi daya pada CMOS adalah baterai arloji sederhana, dan dapat dengan mudah kehabisan daya. Ketika baterai mati, CMOS tidak dapat menyimpan informasi lagi.

Lonjakan daya dan kehilangan daya secara tiba-tiba adalah tersangka utama lainnya. Jika komputer Anda tidak memiliki kesempatan untuk menulis informasi ke CMOS sebelum dimatikan secara tiba-tiba, ia akan kesulitan menemukan di mana ia pergi. Lonjakan daya juga dapat menyebabkan korupsi atau bahkan kerusakan perangkat keras yang sebenarnya.

Penyebab terakhir kurang umum, tetapi bisa terjadi. Jika BIOS Anda entah bagaimana rusak atau rusak, itu akan menyebabkan ketidakcocokan antara BIOS dan CMOS. Jarang tetapi mungkin bagi virus untuk benar-benar menginfeksi dan merusak BIOS. Namun, jauh lebih umum bahwa pembaruan BIOS gagal atau sistem operasi Anda memperbarui sesuatu yang menyebabkannya tidak sinkron dengan BIOS.

Bagaimana Cara Memperbaikinya?


Tidak selalu mungkin untuk memperbaiki kesalahan checksum CMOS, terutama dalam kasus kerusakan perangkat keras, tetapi lebih sering daripada tidak, perbaikannya sederhana.

Sebelum Anda panik, nyalakan kembali komputer. Restart normal biasanya akan membuat checksum baru dan menghilangkan kesalahan. Kesalahan yang bertahan setelah restart normal akan membutuhkan beberapa pekerjaan lagi.

Jika penyebabnya adalah baterai mati, yang Anda butuhkan adalah baterai baru. Baterai CMOS terletak di motherboard komputer Anda. Di desktop, sangat mudah untuk dijangkau, dan hanya dipegang dengan klip logam. Pada laptop, Anda harus membuka mesin untuk sampai ke motherboard, dan itu mungkin lebih baik diserahkan kepada seorang profesional.

Dalam sebagian besar kasus lain, Anda cukup mereset BIOS. Beberapa motherboard memiliki sakelar baik di papan itu sendiri atau di bagian belakang komputer untuk mengatur ulang pengaturan BIOS. Jika tidak ada saklar seperti itu, Anda dapat melepas baterai CMOS dari sistem Anda selama satu atau dua menit. Hilangnya daya akan menyebabkan semua yang ada di CMOS diatur ulang.

Jika Anda berpikir itu adalah pembaruan, baik dari BIOS atau sistem operasi, yang menyebabkan kesalahan, Anda dapat mengunduh dan mem-flash pembaruan BIOS dari situs web produsen motherboard Anda. Ini tidak sulit untuk dilakukan, dan banyak motherboard dapat mengunduh pembaruan dari dalam BIOS ketika mereka terhubung ke jaringan Anda melalui kabel Ethernet.

Semoga salah satu solusi di atas menyelesaikan masalah. Jika semuanya gagal sejauh ini, itu mungkin kerusakan perangkat keras. Sebelum Anda membeli motherboard baru atau mendaur ulang mesin, minta seorang profesional memeriksanya untuk memastikan.
Loading...

0 Response to "CMOS Checksum Error: Apa Artinya Dan Cara Memperbaikinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel