Jutaan Pengguna Android Tertipu dan Telah Download 85 Aplikasi Adware di Google Play Store

Jutaan Pengguna Android Tertipu dan Telah download 85 Aplikasi Adware di Google Play Store - Para peneliti di Perusahaan keamanan Trend Micro telah menemukan lusinan aplikasi, termasuk utilitas dan permainan populer, untuk melayani satu ton iklan yang ditampilkan secara menipu - termasuk iklan layar penuh, iklan tersembunyi dan iklan yang berjalan di latar belakang untuk memeras uang dari Android yang lolos verifikasi.

Secara keseluruhan, para peneliti menemukan 85 aplikasi yang mendukung adware, dengan total setidaknya 9 juta pengguna yang terpengaruh.

Salah satunya aplikasi - universal TV remote app for Android - memiliki lebih dari lima juta pengguna, meskipun ada banyak ulasan negatif dan keluhan bahwa iklan "tersembunyi di latar belakang." Pengguna lain mengatakan ada "begitu banyak iklan, [mereka] bahkan tidak bisa menggunakannya. "

Jutaan Pengguna Android Tertipu dan Telah download 85 Aplikasi Adware di Google Play Store
ilustrasi aplikasi jahat/speedofcreativity
Para peneliti menguji setiap aplikasi dan menemukan bahwa sebagian besar berbagi kode yang sama atau serupa, dan seringkali aplikasi tersebut diberi nama yang sama.

Di setiap menu, ketuk atau klik, aplikasi akan menampilkan iklan, yang mereka temukan. Dengan demikian, aplikasi menghasilkan uang untuk pembuat aplikasi.

Aplikasi yang terselubung adware mungkin tidak tampak seburuk aplikasi lain yang dikemas dengan malware atau fungsi tersembunyi, seperti aplikasi yang menarik muatan berbahaya dari server lain setelah aplikasi diinstal. 

Pada skala besar, itu bisa mencapai ribuan dolar iklan palsu setiap minggu. Beberapa iklan juga cenderung jahat, berisi kode tersembunyi yang mencoba menipu pengguna untuk memasang malware di ponsel atau komputer mereka.

Beberapa aplikasi yang terpengaruh meliputi:  A/C Air Conditioner Remote, Police Chase Extreme City 3D Game, Easy Universal TV Remote, Garage Door Remote Control, Prado Parking City 3D Game , Game 3D Prado Parking City dan banyak lagi. (Anda dapat menemukan daftar aplikasi lengkap di sini .)

Google mengatakan kepada TechCrunch bahwa mereka telah menghapus aplikasi, tetapi juru bicara  google tidak menjelaskan lebih lanjut.

Peneliti mencoba berkomunikasi dengan developer aplikasi remote TV universal tetapi email yang terdaftar di aplikasi Google Play store yang dihapus sejak itu mengarah ke domain yang sudah tidak ada lagi.

Terlepas dari upaya terbaik Google dalam memindai aplikasi sebelum diterima di Google Play, aplikasi berbahaya adalah salah satu ancaman terbesar dan paling umum bagi pengguna Android. 

Google menarik lebih dari 700.000 aplikasi berbahaya dari Google Play pada tahun lalu saja, dan telah mencoba meningkatkan back-end-nya untuk mencegah aplikasi jahat masuk ke play store.

Namun raksasa pencarian internet dan seluler terus memerangi aplikasi jahat dan jahat , menarik setidaknya 13 aplikasi jahat dalam penyisirannya di bulan November saja.
Loading...

0 Response to "Jutaan Pengguna Android Tertipu dan Telah Download 85 Aplikasi Adware di Google Play Store"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel