Cara Menemukan dan Mengubah Alamat MAC Address

Cara Menemukan dan Mengubah Alamat MAC Address - Metode yang digunakan untuk menemukan alamat MAC tergantung pada jenis perangkat jaringan yang terlibat. Semua sistem operasi jaringan yang populer berisi program utilitas yang memungkinkan Anda untuk menemukan (dan terkadang mengubah) pengaturan alamat MAC.

Alamat MAC di Windows
Gunakan utilitas ipconfig (dengan opsi / semua) untuk menampilkan alamat MAC komputer dalam versi modern Windows. Versi Windows 95 yang sangat lama dan Windows 98 menggunakan utilitas winipcfg sebagai gantinya.

Baik 'winipcfg' dan 'ipconfig' dapat menampilkan beberapa alamat MAC untuk satu komputer. Satu alamat MAC ada untuk setiap kartu jaringan yang dipasang. Selain itu, Windows mempertahankan satu atau lebih alamat MAC yang tidak terkait dengan kartu perangkat keras.

Cara Menemukan dan Mengubah Alamat MAC Address

Sebagai contoh, jaringan dial-up Windows menggunakan alamat MAC virtual untuk mengelola koneksi telepon seolah-olah itu adalah kartu jaringan. Beberapa klien Windows VPN juga memiliki alamat MAC mereka sendiri. Alamat MAC adapter jaringan virtual ini memiliki panjang dan format yang sama dengan alamat perangkat keras yang sebenarnya.

Temukan MAC Address di Unix atau Linux
Perintah spesifik yang digunakan di Unix untuk menemukan alamat MAC bervariasi tergantung pada versi sistem operasi. Di Linux dan dalam beberapa bentuk Unix, perintah ifconfig -a mengembalikan alamat MAC.

Anda juga dapat menemukan alamat MAC di Unix dan Linux dalam urutan pesan boot. Sistem operasi ini menampilkan alamat MAC komputer di layar saat sistem dinyalakan ulang. Selain itu, pesan boot-up dipertahankan dalam file log (biasanya "/ var / log / messages" atau "/ var / adm / messages").


Temukan MAC Address di Mac
Anda dapat menemukan alamat MAC pada komputer Apple Mac di Panel Kontrol TCP / IP . Jika sistem menjalankan Open Transport, alamat MAC muncul di bawah layar "Info" atau "Mode Pengguna / Lanjutan". Jika sistem menjalankan MacTCP, alamat MAC muncul di bawah ikon "Ethernet".

Ringkasan - Cara Menemukan Alamat MAC
Daftar di bawah ini merangkum opsi untuk menemukan alamat MAC komputer:

Windows: ipconfig / all, atau winipcfg
Linux dan beberapa Unix: ifconfig -a
Mac dengan Open Transport: Panel Kontrol TCP / IP - Info atau Mode Pengguna / Lanjutan
Mac dengan MacTCP: TCP / IP Control Panel - ikon Ethernet

Alamat MAC dirancang untuk menjadi nomor tetap yang tidak dapat diubah. Namun, ada beberapa alasan yang sah untuk  mengubah alamat MAC Anda

Mengubah Alamat MAC Untuk Bekerja Dengan ISP Anda
Sebagian besar langganan Internet memungkinkan pelanggan hanya satu alamat IP. Internet Service Provider (ISP)  dapat menetapkan satu alamat IP statis (tetap) untuk setiap pelanggan. Namun, pendekatan ini adalah penggunaan alamat IP yang tidak efisien yang saat ini tidak banyak tersedia. ISP lebih sering mengeluarkan setiap alamat IP dinamis pelanggan yang dapat berubah setiap kali pelanggan terhubung ke Internet.

ISP memastikan setiap pelanggan hanya menerima satu alamat dinamis menggunakan beberapa metode. Dial-up dan banyak layanan DSL biasanya mengharuskan pelanggan untuk masuk dengan nama pengguna dan kata sandi. Layanan modem kabel, di sisi lain, lakukan ini dengan mendaftarkan dan melacak alamat MAC perangkat yang terhubung ke ISP.

Perangkat yang alamat MAC-nya dimonitor oleh ISP dapat berupa modem kabel, router broadband, atau PC yang menjadi tuan rumah koneksi internet. Pelanggan bebas membangun jaringan di belakang peralatan ini, tetapi ISP mengharapkan alamat MAC untuk mencocokkan nilai terdaftar setiap saat.

Setiap kali seorang pelanggan mengganti perangkat itu, bagaimanapun, atau mengubah adaptor jaringan di dalamnya, alamat MAC dari peralatan baru ini tidak akan lagi cocok dengan yang terdaftar di ISP. ISP akan sering menonaktifkan koneksi Internet pelanggan untuk alasan keamanan (dan penagihan).

Ubah Alamat MAC dengan Kloning
Beberapa orang menghubungi ISP mereka untuk meminta mereka memperbarui alamat MAC yang terkait dengan langganan mereka. Proses ini berfungsi tetapi membutuhkan waktu, dan layanan Internet tidak akan tersedia saat menunggu penyedia untuk mengambil tindakan.

Cara yang lebih baik untuk mengatasi masalah ini dengan cepat adalah dengan mengubah alamat MAC pada perangkat baru sehingga cocok dengan alamat perangkat asli. Sementara alamat MAC fisik yang sebenarnya tidak dapat diubah dalam perangkat keras, alamat dapat ditiru dalam perangkat lunak. Proses ini disebut  kloning .

Banyak router broadband saat ini mendukung kloning alamat MAC sebagai opsi konfigurasi lanjutan. Alamat MAC yang ditiru muncul ke penyedia layanan yang identik dengan alamat perangkat keras asli. Prosedur kloning spesifik bervariasi tergantung pada jenis router; lihat dokumentasi produk untuk detailnya.

Alamat MAC dan Kabel Modem
Selain alamat MAC yang dilacak oleh ISP, beberapa modem broadband juga melacak alamat MAC dari adapter jaringan komputer host dalam jaringan rumah. Jika Anda menukar komputer yang terhubung ke  modem broadband , atau mengubah adapter jaringannya, koneksi Internet kabel Anda mungkin tidak berfungsi sesudahnya.

Dalam hal ini, kloning alamat MAC tidak diperlukan. Pengaturan ulang (termasuk daya daur ulang) pada modem kabel dan komputer host secara otomatis akan mengubah alamat MAC yang disimpan di dalam modem.

Mengubah Alamat MAC melalui Sistem Operasi
Dimulai dengan Windows 2000, pengguna terkadang dapat mengubah alamat MAC mereka melalui  antarmuka Windows  My Network Places . Prosedur ini tidak berfungsi untuk semua kartu jaringan karena tergantung pada tingkat dukungan perangkat lunak tertentu yang dibangun ke dalam driver adaptor.

Di Linux dan versi Unix, "ifconfig" juga mendukung pengubahan alamat MAC jika kartu jaringan yang diperlukan dan dukungan driver ada.

Ringkasan - Ubah Alamat MAC
Alamat MAC adalah elemen penting dari jaringan komputer. Alamat MAC secara unik mengidentifikasi komputer di LAN. MAC adalah komponen penting yang diperlukan untuk protokol jaringan seperti TCP / IP berfungsi.

Sistem operasi komputer dan router broadband mendukung tampilan dan terkadang mengubah alamat MAC. Beberapa ISP melacak pelanggan mereka berdasarkan alamat MAC. Mengubah alamat MAC diperlukan dalam beberapa kasus agar koneksi Internet tetap berfungsi. Beberapa modem broadband juga memantau alamat MAC komputer host mereka.

Meskipun alamat MAC tidak mengungkapkan informasi lokasi geografis seperti alamat IP, mengubah alamat MAC dapat meningkatkan privasi Internet Anda dalam beberapa situasi.
Loading...

0 Response to "Cara Menemukan dan Mengubah Alamat MAC Address"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel