Apa Itu URL (Uniform Resource Locator)?


Apa Itu URL - Ketika Anda mengetikkan alamat ke browser web Anda, banyak hal terjadi di belakang layar. Dan sebagian besar ditentukan oleh berbagai bagian URL yang Anda ketikkan. Mari kita lihat lebih dekat.

URL dapat terdiri dari banyak bagian yang berbeda. Ada nama host yang memetakan ke alamat IP sumber daya tertentu di internet dan banyak informasi tambahan yang memberi tahu browser Anda dan server cara menangani berbagai hal. Anda dapat menganggap alamat IP sebagai sesuatu seperti nomor telepon. Nama host adalah seperti nama orang yang nomor teleponnya ingin Anda cari.

Dan standar yang disebut Domain Name System (DNS) berfungsi di latar belakang seperti buku telepon, menerjemahkan hostname yang lebih ramah manusia ke alamat IP yang digunakan jaringan untuk mengarahkan lalu lintas.


Dengan mengingat analogi tersebut, mari kita lihat struktur URL dan cara kerjanya untuk membawa Anda ke mana Anda ingin pergi.

Bagaimana sebuah Struktur URL Bekerja

Struktur URL pertama kali didefinisikan oleh Sir Tim Berners-Lee — orang yang membuat Web dan browser web pertama — pada tahun 1994. URL pada dasarnya menggabungkan ide nama domain dengan ide menggunakan jalur file untuk mengidentifikasi suatu spesifik folder dan struktur file. Jadi, ini mirip dengan menggunakan jalur seperti C: \ Documents \ Personal \ myfile.txt di Windows, tetapi dengan beberapa hal ekstra di awal untuk membantu menemukan server yang tepat di internet di mana jalur itu ada dan protokol yang digunakan untuk mengakses informasi.

URL terdiri dari beberapa bagian berbeda. Ambil, misalnya, URL dasar seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini.

URL sederhana itu dipecah menjadi dua komponen utama: scheme dan authority.

Scheme

Banyak orang menganggap URL hanya sebagai alamat web, tetapi tidak sesederhana itu. Alamat web adalah URL, tetapi semua URL bukan alamat web. Layanan lain yang dapat Anda akses di internet — seperti FTP — atau bahkan secara lokal — seperti MAILTO — juga URL. Bagian skema dari URL (huruf-huruf yang diikuti oleh titik dua) menunjukkan protokol dengan aplikasi (seperti browser web Anda) dan server harus berkomunikasi.

Alamat web adalah URL yang paling umum, tetapi ada yang lain. Jadi, Anda mungkin melihat skema seperti:
  • HyperText Transfer Protocol (HTTP): Ini adalah protokol yang mendasari web dan menentukan tindakan apa yang harus dilakukan oleh server web dan browser sebagai tanggapan terhadap perintah tertentu.
  • HTTP Secure ( HTTPS ) : Ini adalah bentuk HTTP yang bekerja di atas lapisan laman yang dienkripsi untuk pengangkutan informasi yang lebih aman.
  • File Transfer Protocol (FTP): Protokol ini sering masih digunakan untuk mentransfer file melalui internet.

Di browser modern, scheme tidak secara teknis diperlukan sebagai bagian dari URL. Jika Anda memasukkan situs web seperti "www.teknoiot.com", peramban Anda akan secara otomatis menentukan protokol yang tepat untuk digunakan. Namun, beberapa aplikasi lain (dan protokol) mengharuskan penggunaan scheme.


Authority

Bagian authority URL (yang didahului oleh dua garis miring) sendiri dipecah menjadi beberapa bagian. Mari kita mulai dengan URL yang sangat sederhana — jenis yang akan membawa Anda ke halaman beranda situs web.


Dalam contoh sederhana ini, seluruh bagian "www.teknoiot.com" disebut sebagai nama host, dan ia menyelesaikan ke alamat IP. Anda juga dapat mengetikkan alamat IP ke bilah alamat browser Anda alih-alih nama host jika Anda kebetulan mengetahuinya.

Tapi, ketika mengurai nama host, membantu membacanya mundur untuk memahami apa yang sedang terjadi, jadi di sini adalah komponen-komponen itu:
  • Top-Level Domain: Dalam contoh di sini, "com" adalah domain level teratas. Ini adalah level tertinggi dalam Domain Name System (DNS) hierarki digunakan untuk menerjemahkan alamat IP ke alamat bahasa sederhana yang lebih mudah bagi kita manusia untuk diingat. Domain tingkat atas ini dibuat dan dikelola oleh Perusahaan Internet untuk Nama dan Nomor yang Ditugaskan (ICANN). Tiga domain level teratas yang paling umum adalah .com, .net, dan .gov. Sebagian besar negara juga memiliki domain tingkat atas dua hurufnya sendiri, jadi Anda akan melihat domain seperti .us (Amerika Serikat), .uk (Inggris), .ca (Kanada), dan banyak lainnya. Ada juga beberapa domain tingkat atas tambahan (seperti .museum) yang disponsori dan dikelola oleh organisasi pribadi. Selain ini, ada juga beberapa domain tingkat atas generik (seperti .club, .life, dan .news).
  • Subdomain: Karena DNS adalah sistem hierarkis, bagian "www" dan "contoh" dari URL contoh kami dianggap sebagai subdomain. Bagian "www" adalah subdomain dari domain level teratas "com", dan bagian "www" adalah subdomain dari domain "contoh". Itulah mengapa Anda sering melihat perusahaan dengan nama terdaftar seperti "google.com" dibagi menjadi subdomain terpisah seperti "www.google.com," "news.google.com," "mail.google.com," dan seterusnya.

Itu adalah contoh paling mendasar dari bagian otoritas URL, tetapi hal-hal bisa menjadi lebih rumit. Ada dua komponen lain yang dapat berisi bagian otoritas:
  • Informasi Pengguna: Bagian authority juga dapat berisi nama pengguna dan kata sandi untuk situs yang Anda akses. Tidaklah umum melihat struktur ini di URL hari ini, tetapi itu bisa terjadi. Jika ada, bagian info pengguna datang sebelum nama host dan diikuti oleh tanda @. Jadi, Anda mungkin melihat sesuatu seperti “//username:password@www.example.com” jika menyertakan informasi pengguna.
  • Nomor Port: Perangkat jaringan menggunakan alamat IP untuk mendapatkan informasi ke komputer yang tepat pada jaringan. Ketika lalu lintas itu tiba, nomor port memberi tahu komputer aplikasi tempat lalu lintas itu dimaksudkan. Nomor port adalah elemen lain yang tidak akan sering Anda lihat ketika menjelajahi web, tetapi Anda mungkin melihatnya di aplikasi jaringan (seperti game) yang mengharuskan Anda memasukkan URL. Jika URL termasuk nomor port, itu datang setelah nama host dan didahului oleh titik dua. Itu akan terlihat seperti ini: "//www.example.com:8080."

Jadi, itulah bagian scheme dan authority URL, tetapi seperti yang Anda duga setelah melihat banyak URL saat menjelajahi web, mereka dapat menyertakan lebih banyak barang.

Paths, Queries, dan Fragment

Ada tiga bagian tambahan dari URL yang mungkin Anda lihat setelah bagian authority: jalur, kueri, dan fragmen. Begini cara kerjanya.


Path

Bagian authority dari URL mendapatkan browser Anda (atau aplikasi apa pun) ke server yang tepat di jaringan. Jalur yang mengikuti - yang berfungsi seperti jalur di Windows, macOS, atau Linux - membawa Anda ke folder atau file yang benar di server itu. Path didahului oleh garis miring, dan ada garis miring antara setiap direktori dan subdirektori, seperti ini:
www.example.com/folder/subfolder/filename.html
Bagian terakhir adalah nama file yang dibuka ketika Anda mengakses situs web. Meskipun Anda mungkin tidak melihatnya di bilah alamat, itu tidak berarti tidak ada di sana. Beberapa bahasa yang digunakan untuk membuat halaman web menyembunyikan nama file dan ekstensi yang Anda lihat. Ini membuat URL lebih mudah diingat dan diketik, dan memberikan tampilan yang lebih bersih.

Query

Bagian kueri dari URL digunakan untuk mengidentifikasi hal-hal yang bukan bagian dari struktur jalur yang ketat. Paling sering, Anda akan melihat mereka digunakan ketika Anda melakukan pencarian atau ketika halaman web memberikan data melalui formulir. Bagian query didahului oleh tanda tanya dan muncul setelah path (atau setelah nama host jika path tidak termasuk).

Sebagai contoh, ambil URL ini yang disajikan ketika kami mencari Amazon untuk kata kunci "wi-fi extender":

https://www.amazon.com/s/ref=nb_sb_noss_2?url=search-alias%3Daps&field-keywords=wi-fi+extender
Formulir pencarian memberikan informasi ke mesin pencari Amazon. Mengikuti tanda tanya, Anda dapat melihat ada dua bagian untuk kueri: URL untuk pencarian (itu adalah bagian "url = pencarian-alias% 3Dap & bidang") dan kata kunci yang kita ketikkan (itulah "kata kunci = wi-fi + extender ”bagian).

Itu contoh yang cukup sederhana, dan Anda akan sering melihat URL dengan variabel tambahan (dan lebih rumit). Misalnya, inilah URL ketika kami mencari kata kunci "teknoiot" di Google:
https://www.google.co.id/search?safe=strict&ei=CnyTW_mRMYnbvgTY1JaQCg&q=teknoiot&oq=teknoiot&gs_l=psy-ab.1.0.35i39k1j0i10i203k1j0i10k1.2391.4232.0.7155.8.8.0.0.0.0.167.1065.0j7.7.0....0...1c.1.64.psy-ab..1.7.1064...0j0i131k1j0i67k1j0i131i67k1j0i203k1.0.v_bYbPxziXM
Seperti yang Anda lihat, ada beberapa informasi berbeda di sana. Dalam hal ini, Anda dapat melihat bahwa ada informasi tambahan yang menunjukkan bahasa penelusuran, peramban yang kami gunakan (Chrome), dan bahkan nomor versi peramban.

Fragment

Komponen akhir dari URL yang mungkin Anda lihat disebut sebagai fragmen. Fragmen didahului oleh tanda pagar (#) dan digunakan untuk menunjukkan lokasi tertentu pada halaman web. Saat mengkodekan halaman web, desainer dapat membuat jangkar untuk teks spesifik seperti judul. Ketika fragmen yang tepat digunakan di akhir URL, browser Anda akan memuat halaman dan kemudian melompat ke anchor itu. Jangkar dan URL dengan fragmen sering digunakan untuk membuat daftar konten pada halaman web untuk mempermudah navigasi.

Inilah contohnya. Halaman Wikipedia di Renaissance cukup panjang dokumennya, dan itu dibagi menjadi sekitar 11 bagian, yang masing-masing memiliki beberapa sub-bagian. Tetapi setiap judul di halaman memiliki anchor yang disertakan, dan daftar isi di bagian atas artikel termasuk tautan yang memungkinkan Anda melompat ke bagian yang berbeda. Tautan tersebut berfungsi dengan menyertakan fragmen.

Anda juga dapat menggunakan fragmen ini langsung di bilah alamat Anda atau sebagai tautan yang dapat dibagikan. Katakanlah, misalnya, Anda ingin menunjukkan kepada seseorang bagian dari halaman itu yang mencakup Rusia. Anda hanya bisa mengirimi mereka tautan ini:
https://id.wikipedia.org/wiki/Renaissance#Russia
Bagian "#Russia" di bagian akhir URL langsung melompat ke bagian itu setelah memuat halaman.

Jadi begitulah — lebih dari yang mungkin ingin Anda ketahui tentang cara kerja URL.

Sumber:
*https://en.wikipedia.org/wiki/URL
*https://www.verisign.com/en_US/website-presence/online/what-is-a-url/index.xhtml
*https://www.techopedia.com/definition/1352/uniform-resource-locator-url

Tags: pengertian url dan contohnya, bagian url, kepanjangan url, istilah url adalah singkatan dari, macam macam url, apa itu url link, sejarah url, apa itu url situs web
Loading...

0 Response to "Apa Itu URL (Uniform Resource Locator)?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel