Apa Itu Sistem PBX dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Sistem PBX (Private Branch Exchange) adalah sistem yang memungkinkan organisasi mengelola panggilan telepon masuk dan keluar dan juga memungkinkan komunikasi secara internal di dalam organisasi. PBX terdiri dari perangkat keras dan perangkat lunak dan terhubung ke perangkat komunikasi seperti adaptor telepon, hub, switch, router dan tentu saja, pesawat telepon.

PBX terbaru memiliki banyak fitur yang sangat menarik yang membuat komunikasi menjadi lebih mudah dan lebih kuat untuk organisasi, dan berkontribusi dalam membuat mereka lebih efisien dan meningkatkan produktivitas.

Ukuran dan kompleksitas mereka bervariasi, mulai dari sistem komunikasi perusahaan yang sangat mahal dan kompleks hingga rencana dasar yang di-hosting di cloud dengan biaya bulanan dua digit. Anda juga dapat memiliki sistem PBX sederhana di rumah dengan fitur dasar sebagai upgrade ke saluran telepon tradisional Anda yang sudah ada.

sistem pbx
Foto: www.teknoiot.com

Cara Kerja Sistem PBX? 

Seperti disebutkan di atas, fungsi PBX bisa sangat rumit, tetapi pada dasarnya, ketika Anda berbicara tentang PBX, Anda berbicara tentang hal-hal yang melakukan hal-hal ini:
  1. Penggunaan lebih dari satu saluran telepon di organisasi, dan manajemen panggilan keluar dan masuk. 
  2. Membagi satu saluran telepon menjadi beberapa jalur internal, yang diidentifikasi melalui tiga atau empat digit angka yang disebut ekstensi, dan mengalihkan panggilan ke saluran internal yang sesuai. Ini menyelamatkan organisasi dari keharusan membayar beberapa baris, dan memungkinkan semua departemen untuk dijangkau melalui satu nomor telepon.
  3. Izinkan komunikasi telepon gratis di dalam organisasi. 
  4. Memberdayakan seluruh komunikasi dengan VoIP (Voice over IP), yang memiliki sejumlah besar fitur dan peningkatan di atas telepon tradisional, yang paling menonjol adalah pemotongan biaya panggilan. 
  5. Pastikan antarmuka yang baik dengan pelanggan melalui fitur-fitur seperti perekaman panggilan , pesan suara , IVR, dll. 
  6. Otomasi respon untuk menelepon pelanggan dengan IVR (interactive voice response) di mana sistem dapat secara otomatis mengarahkan pengguna ke saluran yang paling sesuai melalui menu suara. Ini adalah jenis fitur di mana, sebagai seorang penelepon, Anda mendengar hal-hal seperti "Tekan 1 untuk Bagian Keuangan,  Tekan 2 untuk keluhan ..."

Sistem IP-PBX

PBX banyak berubah dengan munculnya IP telephony atau VoIP. Setelah PBX analog yang bekerja hanya pada saluran telepon dan switch, kini kita memiliki IP-PBX, yang menggunakan teknologi VoIP dan jaringan IP seperti Internet untuk menyalurkan panggilan.

IP PBx biasanya disukai karena banyaknya fitur yang mereka miliki. Dengan pengecualian PBX lama yang sudah ada tetapi masih berfungsi dengan baik, dan yang dipilih karena murah, kebanyakan sistem PBX yang digunakan saat ini cenderung IP PBX.

Sistem Hosted PBX / Cloud PBX

Anda tidak selalu harus berinvestasi pada perangkat keras, perangkat lunak, instalasi dan pemeliharaan PBX internal Anda, terutama jika Anda menjalankan bisnis kecil dan biaya kepemilikan melarang Anda mendapatkan manfaat dari fitur-fitur penting tersebut.

Ada banyak perusahaan online yang menawarkan layanan PBX terhadap biaya bulanan tanpa Anda memiliki apa pun kecuali perangkat telepon dan router Anda. Ini disebut layanan PBX yang di-hosting dan berfungsi di cloud.

Layanan ini dibagikan melalui Internet. Hosted PBX memiliki kelemahan menjadi generik sehingga tidak dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda, tetapi mereka cukup murah dan tidak memerlukan investasi dimuka.
Loading...

0 Response to "Apa Itu Sistem PBX dan Bagaimana Cara Kerjanya?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel