Waspada ATM Skimming, Ini Cara Atasinya?

Perangkat "ATM skimming" adalah perangkat berbahaya pembobol yang dipasang di ATM. Bila Anda menggunakan ATM yang telah dipasangi sedemikian rupa, alat skimming akan membuat salinan kartu Anda dan merekam PIN Anda.

Jika Anda menggunakan ATM, Anda harus berhati-hati dengan modus baru ini. Anda benar-benar harus waspada dan selalu memperhatikan ATM yang anda masuki untuk melakukan transaksi keuangan. Berikut penjelasan singkat tentang perlunya Waspada ATM Skimming, dan Ini Cara Atasinya?




Bagaimana ATM SKIMMING ini Bekerja?


Baca juga: Pastikan ikuti cara ini agar transaksi Internet Banking anda Aman

Sebuah skimming ATM memiliki dua komponen. Yang pertama adalah sebuah perangkat kecil yang umumnya dimasukkan melalui slot kartu ATM. Ketika Anda memasukkan kartu ATM Anda, perangkat ini akan membuat salinan data pada strip magnetik dari kartu Anda. Kartu melewati perangkat dan memasuki mesin, jadi semuanya akan tampak berfungsi normal -tapi data kartu Anda baru saja disalin.




Bagian kedua dari perangkat kamera. Sebuah kamera kecil ditempatkan di suatu tempat dapat melihat tombol - mungkin di bagian atas layar ATM, tepat di atas tombol angka, atau ke sisi pad. Kamera ini menunjuk pada keypad dan merekam proses Anda memasukkan PIN Anda. ATM tampaknya berfungsi normal, tetapi pembobol hanya menyalin pita magnetik kartu Anda dan PIN Anda.

Para pembobol dapat menggunakan data ini untuk program kartu ATM palsu atau cloningan dengan data pita magnetik dan menggunakannya di mesin ATM, memasukkan PIN Anda dan menarik uang dari rekening bank Anda.

ATM skimming menjadi lebih dan lebih canggih. Alih-alih perangkat dipasang di slot kartu, skimmer mungkin, perangkat kentara kecil yang dimasukkan ke dalam slot kartu itu sendiri.

Alih-alih kamera menunjuk keypad, para penyerang mungkin menggunakan overlay - keyboard palsu dipasang di atas keypad nyata. Ketika Anda menekan tombol pada keypad palsu, log tombol yang ditekan dan menekan tombol riil di bawahnya. Ini lebih sulit untuk dideteksi. Tidak seperti kamera, mereka juga dijamin untuk menangkap PIN Anda.

ATM skimming umumnya menyimpan data mereka merekam pada perangkat itu sendiri. Para pembobol harus kembali dan mengambil skimmer untuk mendapatkan data yang direkam. Namun, banyak ATM skimming sekarang mampu melakukan transmisi data ini secara nirkabel melalui Bluetooth atau bahkan sambungan data seluler.

Bagaimana Trik ATM Skimming


Berikut adalah beberapa trik untuk ATM skimming. Anda tidak dapat melihat setiap ATM skimming, tetapi tetapi Anda dapat waspada dengan melihat beberapa kondisi berikut di ATM nya:

  • Goyang-goyang Card Reader: Jika pembaca kartu bergerak-gerak ketika Anda mencoba untuk goyang dengan tangan Anda, sesuatu yang mungkin tidak tepat. Sebuah card reader yang bagus harus melekat pada ATM dengan baik sehingga tidak akan bergerak - dan selama card reader dapat bergerak bisa dipastikan telah terpasang ATM skimming. 
  • Lihatlah Mesin ATM: Perhatikan mesin ATM. Apakah sesuatu terlihat keluar dari tempatnya? Mungkin panel bawah adalah warna yang berbeda dari sisa mesin karena itu sepotong palsu dari plastik ditempatkan di atas panel bawah nyata dan keypad. Mungkin ada objek yang tampak aneh yang berisi kamera.
  • Memeriksa Keypad : Apakah keypad tampak agak terlalu tebal, atau berbeda dari biasanya terlihat jika Anda telah menggunakan mesin sebelum?
  • Periksa Kamera: Pertimbangkan mana seorang penyerang mungkin menyembunyikan kamera - suatu tempat di atas layar atau keypad, atau bahkan di brosur pemegang pada mesin ATM.
  • Jika Anda menemukan sesuatu yang tidak beres - card reader yang bergerak, kamera tersembunyi, atau overlay keypad - pastikan untuk mengingatkan bank yang bertanggung jawab atas ATM. Jika sesuatu hanya tampaknya tidak benar dengan mesin, pergi mencari mesin ATM lain.


Baca juga: Hati-hati penipuan "phising" bank, baca tipsnya

Tindakan Pencegahan


Anda dapat menemukan ATM skimming murah dengan trik seperti mencoba untuk goncang pembaca kartu. Tapi di sini adalah apa yang Anda harus selalu lakukan untuk melindungi diri sendiri ketika menggunakan mesin ATM:

Melindungi PIN Anda Dengan Tangan Anda: Ketika Anda mengetik PIN Anda ke mesin ATM, melindungi pad PIN dengan tangan Anda. Ya, ini tidak akan melindungi Anda terhadap skimmer paling canggih yang menggunakan lapisan keypad, tapi kau jauh lebih mungkin untuk mengalami sebuah ATM skimming yang menggunakan kamera - mereka jauh lebih murah bagi penjahat untuk membeli. Ini adalah tip nomor satu yang dapat digunakan untuk melindungi diri.

Memantau Transaksi Rekening Bank Anda: Anda harus secara teratur memeriksa rekening bank Anda dan rekening kartu kredit online. Periksa transaksi yang mencurigakan dan memberitahu bank Anda secepat mungkin. Anda ingin menangkap masalah ini sesegera mungkin - jangan menunggu sampai mail bank Anda pernyataan dicetak sebulan setelah uang telah ditarik dari rekening Anda dengan penjahat. Untuk Anda yang masih bingung silahkan simak video berikut dan tetap waspada terhadap kejahatan perbankan:

Loading...

0 Response to "Waspada ATM Skimming, Ini Cara Atasinya?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel