Kenapa Konsep Smart City Perlu Dikembangkan di Indonesia?

Barokongnetwork.com - Kenapa Konsep Smart City Perlu Dikembangkan di Indonesia? Pertanyaan pertama adalah apa yang dimaksud dengan 'Smart City'. Jawabannya adalah, tidak ada diterima secara universal definisi sebuah kota pintar.

Karena masing-masing orang punya pendapat berbeda-beda tentang konseptualisasi Smart City. Oleh karena itu, bervariasi dari kota ke kota dan negara ke negara, tergantung pada tingkat perkembangan, kemauan untuk berubah dan reformasi, sumber daya dan aspirasi dari warga kota. 

Kenapa Konsep Smart City Perlu Dikembangkan di Indonesia?
Sebuah kota yang smart akan memiliki konotasi yang berbeda di Indonesia daripada, katakanlah, Eropa. Bahkan di Indonesia, tidak ada satu cara mendefinisikan sebuah kota pintar.


Baca juga: Tips Membangun Data Center yang Handal


Beberapa batas definisi yang diperlukan untuk membimbing kita dalam konsep smart city ini. Dalam imajinasi setiap penghuni kota di Indonesia, gambaran dari smart city berisi daftar keinginan, infrastruktur dan layanan yang menggambarkan nya tingkat aspirasi. 

Untuk menyediakan aspirasi dan kebutuhan warga, perencana kota idealnya bertujuan mengembangkan seluruh ekosistem perkotaan, yang diwakili oleh empat pilar yang komprehensif pengembangan kelembagaan, fisik, sosial dan infrastruktur ekonomi.


Baca juga: Waspada ATM Skimming, Ini Cara Atasinya?


Ini bisa menjadi tujuan jangka panjang dan kota dapat bekerja menuju pengembangan yang komprehensif, infrastruktur secara bertahap, menambahkan pada lapisan 'smart'. 

Dalam pendekatan Smart City , tujuannya adalah untuk mempromosikan kota-kota yang menyediakan infrastruktur inti dan memberikan kualitas yang layak hidup warganya, bersih dan lingkungan yang berkelanjutan dan penerapan Smart 'Solusi.


Fokusnya adalah pada pembangunan berkelanjutan dan inklusif dan idenya adalah untuk melihat daerah kompak, model buat ditiru yang akan bertindak seperti cahaya rumah ke kota-kota calon lainnya. 

Tentang Smart City Misi Pemerintah adalah berani, inisiatif baru. Hal ini dimaksudkan untuk mengatur contoh yang dapat direplikasi baik di dalam dan luar Smart City, catalysing yang penciptaan sejenis kota-kota smart di berbagai daerah dan bagian negara. 

Anda bisa melihat di portal website kota Barcelona salah satu model smart city dunia Smart City Barcelona. Untuk Indonesia sendiri beberapa kota besar yang sudah menggunakan dan mengaplikasikan konsep smart city diantaranya, Bandung, Yogjakarta, Surabaya, Malang, Jakarta, dan Makassar.


Baca juga: Apa itu Komputasi Awan (Cloud Computing)?

Elemen-elemen infrastruktur inti di sebuah kota yang smart akan mencakup:



1. Pasokan air yang cukup.

2. Pasokan listrik terjamin,

3. Sanitasi, termasuk pengelolaan sampah,

4. Mobilitas perkotaan yang efisien dan transportasi umum,

5. Perumahan yang terjangkau, khususnya bagi masyarakat miskin,

6. Konektivitas IT yang kuat dan digitalisasi,

7. Tata pemerintahan yang baik, terutama e-Governance dan partisipasi warga,


8. Lingkungan yang berkelanjutan, keselamatan dan keamanan warga negara, khususnya perempuan, anak-anak dan orang tua,dan

9. Kesehatan dan pendidikan.


Adapun yang bisa kita jadikan parameter penilaian tentang penerapan Smart City:

1. Smart Energy
2. Smart Education
3. Smart Infrastructure
4. Smart Health Care
5. Smart Mobility
6. Smart Tourism
7. Technologi
Bila kita melihat uraian diatas, jika suatu kota didukung oleh infrastruktur IT memang cukup menarik. Dengan sentuhan teknologi mempermudah aktifitas sehari-hari serta membuat kualitas hidup semakin baik. 

Akan tetapi keberhasilan ini sangat ditentukan oleh pola pikir dan kesadaran masyarakat modern di Indonesia. Justru sebuah hal yang meragukan jika suatu kota yang mendapat predikat Smart City tapi masyarakatnya meludah sembarangan, parkir sembarang, ataupun buang sampah sembarangan. 

Oleh karena itu menurut budayawan Yasraf Amir Piliang suksesnya program Smart City tak terlepas dari suksesnya Smart Society.


Baca juga: Menguak Kebiasaan Pengguna Ponsel di Indonesia


Kesimpulan


Pengembangan Smart City berbasis IT dengan Konsep Teknologi Smart Building atau IoT memudahkan pengembangan Smart City.
Untuk menciptakan tata kota berbasis smart city, ada baiknya pemerintah kota di Indonesia lebih berfokus pada salah satu indikator smart city saja,
Kerjasama yang pada semua stakeholder akan mempercepat terciptanya smart city,


Ref:
http://smartcity.bcn.cat/en
http://www.academia.edu/15371881/ANALISIS_PENERAPAN_SMART_CITY_DAN_INTERNET_OF_THINGS_IOT_DI_INDONESIA
http://www.voaindonesia.com/a/kota-kota-indonesia-menuju-konsep-smart-city/3024412.html
http://pins.co.id

Anda punya pendapat lain atau tambahan referensi silahkan berkomentar...[HB].
Loading...

0 Response to "Kenapa Konsep Smart City Perlu Dikembangkan di Indonesia?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel