Apa itu Komputasi Awan (Cloud Computing)?

Barokongnetwork.com - Apa itu Komputasi Awan (Cloud Computing)?, sebagian dari kita mungkin masih awan padahal selama ini kita sudah menggunakannya. Seiring perkembangan dunia teknologi yang semakin pesat, sebagian dari kita masih terjebak dengan seputar teknologi cloud, apa itu cloud computing? apa manfaat cloud computing? bagaimana cara kerja cloud computing?. 

Nah Anda tak perlu khawatir, kita akan ulas di artikel kali ini. Definisi dari wikipedia bahwa komputasi awan (Cloud computing) adalah gabungan pemanfaatan teknologi komputerisasi dan pengembangannya yang didasarkan pada basis internet. Teknologi cloud computing ini sangat bergantung dengan teknologi data center yang merupakan pusat dari cloud computing itu sendiri.

Apa Manfaat Cloud Computing dalam kehidupan modern saat ini?

Teknologi Informasi tentang Cloud Computing saat ini sudah banyak diaplikasikan , Anda mungkin tahu Google Drive, Webhosting, Google Photo, dll . Itu segelintir tentang pemanfaatan layanan cloud computing. Nah kalau kita merujuk secara garis besar manfaat tentang penerapan teknologi cloud computing ini bisa kita jabarkan sebagai berikut:

1#. Media Penyimpanan Data Terpusat

Anda tak perlu repot-repot lagi menyiapkan dan membangun data center yang cukup memakan biaya yang besar. Anda cukup menyewa vendor-vendor yang menyediakan layanan cloud computing, sehingga Anda ataupun perusahaan Anda bisa menghemat biaya yang besar karena tak perlu lagi membangun infrastrukturnya.

2#. Fleksibel Yang Tinggi

Bayangkan kalau Anda menyimpan data-data Anda di harddisk secara manual yang beribu-ribu GB tentu membutuhkan banyak fisik harddisk. Terlebih jika Anda ingin membawanya setiap saat. Ini sangat tidak fleksibel, disinilah teknologi cloud computing di butuhkan. Anda tak perlu lagi membawa media penyimpanan yang banyak. Anda hanya membutuhkan akses internet dan mengambil file secara virtual atau online. Cukup mudah bukan dari segi fleksibilitas tentu sangat mendukung.

3#. Keamanan Data Terjamin


Dengan banyaknya file yang Anda simpan secara virtual atau cloud sehingga bisa dipastikan bahwa data aman. Anda tak perlu lagi khawatir dengan kerusakan fisik, atau pun media penyimpanan di salah gunakan orang lain. Atau dibobol orang lain. Semua file-file rahasia, foto, ataupun data-data yang sangat rahasia sekalipun tinggal Anda buatkan password dan hanya Anda yang bisa mengaksesnya.

4#. Efisiensi Anggaran


Dengan adanya teknologi komputasi awan ini, perusahaan-perusahaan besar bisa melakukan penghematan anggaran. Kenapa ? Karena dengan adanya cloud computing tak perlu lagi membangun data center yang biayanya sangat besar. Tak ada biaya pembelian hardisk dalam jumlah besar, bebas biaya pemeliharaan, tak perlu ruang server.


Saat ini banyak perusahaan IT ternama seperti google, IBM, Microsoft, mengeluarkan investasi yang besar untuk mendukung pengembangan lebih lanjut teknologi komputasi awan (cloud computing). Untuk di Indonesia sendiri vendor-vendor lokal seperti Telkom Cloud, Indonesia Cloud, id cloud host, dan masih banyak lagi yang lain yang terus tumbuh dan berkembang untuk bisnis cloud computing ini.


Bagaimana cara kerja cloud computing?



Jika Anda memperhatikan gambar diatas maka dapat ditarik kesimpulan bahwa gabungan perangkat device, gadget, tablet, pc, yang terhubung melalui akses internet, dan menyimpan data secara terpusat disuatu tempat. Anda bisa akses dimanapun dan kapanpun selama anda terhubung dijaringan internet.

Begitulah informasi seputar cloud computing atau dalam bahasa indonesia disebut komputasi awan. Kalau Anda punya penyataan yang lain atau saran Anda bisa kemukakan di kolom komentar dibawah...
Loading...

4 Responses to "Apa itu Komputasi Awan (Cloud Computing)?"

  1. Thanks for this article. Looking forward for your next. If you have time, try writing a paper for school or college, it will surely be a great help as well. :)

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel