Tips Membangun Data Center yang Handal

 membangun data center



Apa itu Data Center?

Dalam sebuah sistem informasi, data saling terkait dan berhubungan dengan beberapa dan digunakan sebagian yang kemudian di simpan dalam sebuah mesin server aplikasi. Sedangkan untuk sistem aplikasi dikelola dan di simpan juga dalam server aplikasi.

Jadi, manajemen, data base aplikasi, dan networknya dikelola dalam satu tempat yang kemudian di sebut data center. Membangun data center perlu standarisasi internasional yang dijamin keamanan dan mutunya. Salah satunya standar yang mendapat pengakuan internasional dibidang data center adalah TIA-942, standar ini yang dipatenkan oleh Telecommunications Industry Association (TIA) kerjasama dengan Asosiasi Industri Elektronika (AIE) yang juga mendapat pengakuan ANSI Amerika.


Bagian-Bagian Utama Data Center

Pertama adalah jalur akses utama sebagai pintu utama untuk masuk ke area data center. Kedua ruang telekomunikasi , ketiga ruang utama, dan keempat ruang operasional. Keempat bagian ini merupakan desain dari data center sehingga menjadi murah, mudah diperluas, mudah digunakan, dan keamanan perangkat lebih terjamin.

Manfaat Data Center

  • Availability : Data center digunakan untuk men support seluruh operasional cooporate sehingga lebih terjamin dan availabilty desain yang bagus walaupun kondisi gagal sistem sekalipun.
  • Scalability : Data center sangat mendukung skala-skala kebutuhan yang diinginkan sesuai dengan volume produksi dan tingkat kebutuhan pelanggan yang setiap saat bisa di update.
  • Efesiensi Cost: Data center bisa menekan cost untuk membangun jaringan yang luas, sehingga biaya-biaya operasional dan dll yang timbul bisa di tekan karena adanya data center yang terpusat.
  • Security: Tingkat keamanan juga tentu terjamin karena ada standarisasi dalam proses membangun sehingga data, aplikasi, dan untuk mengaksesnya aman dari hal-hal yang tidak kita inginkan.
Penyedia Data Center di Indonesia

Sebelum anda membangun data center ada baiknya, kita mengenal beberapa penyedia dalam negeri yang sudah punya standarisasi Internasional, seperti Telkom , Lintas Arta, Multipolar, dan masih banyak lagi yang lain. Anda tidak perlu ragu untuk bekerjasama membangun data center dengan perusahaan tersebut.

 data center barokong network

Jadi membangun data center haruslah memperhatikan beberapa faktor, seperti standarisasi desain, tingkat keamanan, dan komponen-komponen utama sehingga data, aplikasi dan akses pelanggan lebih handal. Banyak penyedia-penyedia yang bisa anda jadikan acuan untuk memilih mengerjakan data center dan membangun yang terbaik yang anda butuhkan.


Kalau ada yang ingin anda tambahkan silahkan meninggalkan komentar ya! HB
Loading...

0 Response to "Tips Membangun Data Center yang Handal"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel