Konsep Teknologi Smart Building


Defenisi Teknologi Smart Building

Mungkin sebagian orang belum tahu teknologi terbaru hari ini, salah satu teknologi yang ramai dibicarakan expert-expert IT adalah konsep green buliding atau lebih populer di sebut smart bulding




Konsep teknologi smart bulding ini merupakan teknologi yang memadukan desain, arsitektur, elektrikal, network,efesiensi dan security sehingga menghasilkan kehandalan, keamanan , dan pengontrolan otomatisasi tanpa adanya tenaga manusia lagi. Seperti halnya membangun data center (baca: Tips Membangun Data Center yang Handal perlu standarisasi dan konsep-konsep terbaik dari berbagai tm ahli untuk merancangnya. 

Konsep Teknologi Smart Building

Sebenarnya konsep smart bulding seperti yang saya kemukakan diatas merupakan gabungan dari beberapa pakar yang tujuannya tak lain adalah efesiensi, kemudahan pengontrolan, otomatisasi, dan menjamin keamanan sebuah gedung atau bangunan. Salah satu konsep sederhana dari smart building ini implementasinya pada smart home. Konsep rumah dimana semua terhubung dalam satu kontrol yang terdiri dari sensor asap, parking otomatis, central lock, lampu kontrol, wifi akses, cctv, dan banyak lagi. 


teknologi smart building
3 konsep utama smart building
Ada 3 bagian utama dalam penerapan implementasi teknologi smart bulding :

  • Infrastructure; yang meliputi building system, telpon data dan IP TV, CCTV, GPON dan teknologi BAS.
  • Manage service; yang meliputi managed LAN/WAN, managed security, dan managed building infastrukture.
  • Integrated System: meliputi payment system, digital signage, dan parking system.
Bagian utama diatas adalah bagian yang merupakan inti penerapan konsep smart building. Semua terintegrasi dalam satu aplikasi (baca ini: 5 aplikasi terbaik untuk android yang mudah anda kontrol , fleksibel, dan efesien.

Vendor Smart Bulding Indonesia

Walaupun teknologi ini sangat baru dan belum dikenal secara luas di indonesia. Tapi beberapa gedung-gedung dalam negeri yang sudah menerapkan ini contohnya bangunan BNI 46, Telkom Landmark Tower, Menara 77, The mansion bukit golf dan masih banyak lagi. Perusahaan penyedia yang menawarkan konsep ini jika anda berminat bisa anda temukan seperti Telkom group yakni Pins Indonesia

Smart building ini merupakan konsep yang rumit namun seiring perkembangan teknologi saat ini tidak menutup kemungkinan pengunaan secara luas. Karena faktor penyedia dan komponen yang mahal menjadikan teknologi ini masih jarang ditemukan saat ini. 

Apabila ada yang ingin anda tanyakan tentang konsep smart building ini silahkan tinggalkan komentar...HB
Loading...

2 Responses to "Konsep Teknologi Smart Building"

  1. Maaf mas, itu ada ebooknya atau bukunya tidak? Kalau ada saya boleh pinjem bukunya atau copy softfile ebooknya? terimakasih :)

    ReplyDelete
  2. Saya gak punya bukunya mas, tapi banyak kok literatur tentang smart bilding bisa buka di pins.co.id,

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel