Bagaimana Router Bekerja Koneksi Internet Terhubung dengan Komputer Anda?

Evolusi Internet adalah salah satu permainan terbesar dalam cara kita berinteraksi dengan teknologi saat ini. Sulit membayangkan hidup tanpa online internet saat ini.


Anda dapat berterima kasih kepada router untuk itu. Ya, itu kotak kecil dengan semua port yang Anda pasang ke dinding sebenarnya gateway ajaib untuk semua perangkat Anda untuk terhubung secara bersamaan ke Internet. Tanpa itu, Anda tidak akan dapat mengklik video youtube kesayangan, streaming Netflix atau bahkan terhubung ke Google. Pernahkah Anda bertanya-tanya bagaimana hal itu benar-benar bekerja? Anatomi router mungkin akan mengejutkan Anda - terutama karena tidak banyak berubah dalam empat dekade keberadaannya.

Hardware

Tak perlu dikatakan, sistem pertama yang berfungsi sama seperti router - ARPANET ini "gateway" - adalah sebuah mesin besar yang tampak lebih seperti kulkas daripada bagian integral untuk membangun dan mempertahankan sebuah internetwork komputer. Sekarang, router digengam satu tangan. Router yang paling umum saat ini bekerja pada hanya beberapa elemen untuk efisien menerjemahkan kabel rumah Anda atau DSL menjadi nirkabel atau ethernet koneksi: prosesor komputer, RAM dan flash memory, dan port ethernet. Beberapa bahan yang dibutuhkan untuk membuat sebuah router kerja berarti bahwa orang-orang komputer-cerdas benar-benar dapat membuat router dari komputer lama.

Router memiliki port handal yang akan digunakan untuk memberi suplay koneksi internet. Semua router memiliki port WAN, koneksi kabel yang menghubungkan router ke kabel atau DSL. Kemudian, ada banyak port LAN - koneksi jaringan area lokal yang memungkinkan Anda untuk terhubung semuanya, dari Xbox Anda untuk DVR Anda, ke Internet. Mencari perangkat nirkabel ? Itu biasanya antena mengapit modem, dioperasikan sering pada frekuensi radio dari kedua 2,4 Ghz dan 5 Ghz untuk mengakomodasi semua perangkat tanpa campur tangan (sehingga istilah "dual-band" router).


Mengaktifkan router biasanya memakan waktu lebih sedikit dari memasukkan semua kabel yang diperlukan dan powering semuanya, tapi konfigurasi dapat dilakukan melalui dashboard yang tersedia router. Bahkan, Anda dapat login ke router Anda dengan cara menghubungkannya dengan IP Anda (nomor yang ditetapkan untuk koneksi Internet Anda, biasanya diawali dengan "192,168.") ke dalam browser Anda dan masuk ke dalam sistem. Namun, router yang berbeda memiliki dashboard online yang berbeda pula.

Cara Kerja Router

Cara router bekerja cukup mudah, karena sistem ini telah menjadi sangat efisien dari waktu ke waktu. Dengan mengambil di kabel atau DSL melalui koneksi WAN, router mengarahkan informasi yang mengalir untuk memastikan bahwa semua data yang ditransmisikan ke berbagai perangkat yang terhubung ke Internet pada waktu tertentu. Router dapat melakukannya dengan menetapkan secara individual ISP lokal untuk setiap komputer, dan secara bersamaan menangani setiap sistem sebagai jalan terpisah untuk Internet.


Selain menerjemahkan koneksi data dan routing, router juga teknologi yang bertanggung jawab untuk firewall Anda. Sebagai perangkat keamanan jaringan berbasis hardware, itu adalah router yang bekerja dengan protokol keamanan perangkat lunak komputer Anda untuk mencegah lalu lintas Internet yang tidak diminta - yang dapat berisi malware atau teknologi hacking yang lainnya. Pikirkan router Anda sebagai garis pertahanan pertama dalam firewall Anda, membuang setiap informasi yang tidak diinginkan yang tidak terlihat seperti itu ditugaskan untuk setiap komputer dalam jaringan. Hal ini membuat komputer Anda aman, berarti Anda akan dapat dengan senang hati surfing online aman.


Ini juga diperhatikan bahwa sementara router tidak selalu berbeda tentang bagaimana mereka memperoleh, mengirimkan dan data output, tidak semua router yang sama. Hal ini sangat relevan ketika melihat router nirkabel, untuk kemudahan dan akses. Router nirkabel beroperasi pada dua protokol terpisah, 802.11g dan 802.11n (juga dikenal sebagai G atau N). Model-model baru dapat menangani kecepatan nirkabel lebih cepat bahwa router N-enabled dapat memberikannya, tetapi jika komputer Anda memiliki kartu nirkabel yang lebih tua, maka Anda harus tetap dengan router G. N-enabled router juga memiliki rentang yang lebih besar dari router G-diaktifkan.


Tidak peduli apa kemampuan router Anda, ini semua tentang satu hal: Internet untuk semua orang!

Cara Membuat Jaringan Internet

Cara router sebenarnya berkomunikasi dengan DSL atau modem kabel untuk menyediakan Internet adalah sebuah konsep menarik yang dapat dijelaskan dengan beberapa prinsip-prinsip abstrak.


Pertama, penting untuk dicatat bahwa setiap informasi bahwa Internet telah benar-benar disebut "paket." Ketika Anda masuk ke sebuah halaman web, misalnya, komputer Anda mengirimkan paket data dan menerima paket imbalan yang beban informasi yang Anda minta. Ini sebenarnya adalah serangkaian protokol komunikasi antara "node," atau titik akhir tertentu dengan mana informasi perjalanan.


Router memiliki peran penting dalam transmisi paket ini, melayani sebagai semacam operator telepon untuk setiap paket yang Anda kirim dan terima. Mereka benar-benar berkomunikasi satu sama lain di seluruh sistem IP yang lebih luas untuk memastikan data yang diambil dan kembali ke node yang tepat (misalnya, dari komputer Anda ke server Google dll). Dalam konteks ini, router tidak hanya penerjemah Anda, tetapi juga direktur Anda.


Tanpa router, kita semua akan hidup di masa analog. Singkatnya, ada sangat sedikit hal yang lebih penting untuk Internet dari itu kotak kecil mengumpulkan debu di ruang tamu atau di belakang televisi Anda, jadi pastikan untuk terima ketika Anda menuju ke pesta Internet Anda berikutnya.

Recomended:
8 Website yang bisa meningkatkan produktifitasmu
Apa itu "Telnet" ? dan Cara Mudah Mengaktifkan di Windows
Bagaimana Cara Menghapus Riwayat atau Histori browser ?
Bagaimana cara memindai atau memeriksa virus komputer?
Bandingkan Microsoft Edge vs Google Chrome, Siapa yang Juar



Loading...

0 Response to "Bagaimana Router Bekerja Koneksi Internet Terhubung dengan Komputer Anda?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel