Cara Merawat Laptop Biar Lebih Awet Dengan 6 Tips Ini

Barokongnetwork.com. Kali ini admin tertarik menulis artikel cara merawat laptop biar lebih awet dengan tips sederhana. Salah satu pengalaman admin juga dalam setahun 2 kali ganti laptop gara-gara ceroboh dalam menggunakan laptop. Dan ada beberapa saran dari pembaca juga untuk membahas masalah laptop. Cara merawat laptop berikut ini sangat sederhana tapi dampaknya membuat laptop kesayangan anda lebih panjang umur.


Jaga baterai laptop tetap dingin. Baterai lithium yang digunakan dalam laptop kita tidak bisa hindari bahwa suatu saat akan soak. Tapi dengan menjaga suhu baterai tetap dingin dengan pengunaan yang sesedikit sangat mungkin memberikan umur panjang baterai laptop anda. Jika anda menggunakan laptop dalam waktu yang lama sebaiknya baterai dilepas anda tidak perlu ragu dengan laptop anda selama anda mengunakan charger original.

Jangan biasakan makan atau minum didepan laptop. Menumpahkan kopi pada keyboard laptop Anda, bisa menguras uang anda sampai 300rb. Touchpad laptop sangat rentan rusak ketika anda sentuh dengan jari yang berminyak. Olehnya sebisa mungkin hindari makan atau minum sambil membuka laptop. Ini juga sangat berpengaruh terhadap awetnya laptop anda karena laptop tetap bersih.

Ketika di rumah, ubah laptop menjadi desktop. Tidak selamanya anda membutuhkan laptop portable. Ketika pulang kantor atau kuliah, anda bisa menyambungkan monitor external, keyboard, dan mouse ke laptop layaknya sebuah pc komputer. Ini memberikan efek yang besar keyboard laptop tetap awet, begitupun dengan layar lcdnya.

Simpan laptop anda dalam tas khusus laptop. Sebelum anda jalan ada pastikan anda membawa laptop dalam tas khusus untuk laptop. Ada banyak pilihan tas khusus laptop yang pasti didalamnya punya busa pelindung dari tekanan maupun getaran ketika kita bepergian.

Bersihkan keyboard dengan benar secara berkala. Ketika tombol mulai mencuat, saatnya untuk dibersihkan. Matikan laptop dan balik kemudian tekan-tekan dengan lembut sampai posisinya rapat kembali dan kotoran juga bisa keluar. Anda juga bisa membersihkan dengan alat pembersih khusus blower karet untuk membersihkan bagian-bagian yang sulit dijangkau. Harganya sekitar 25000-80000. Anda bisa beli di toko-toko komputer terdekat.

Bersihkan layar laptop ketika sudah terlihat kotor. Ketika anda sudah melihat banyak debu di layar laptop anda sebaiknya segera anda bersihkan. Caranya dengan kain mikrofiber atau lap kacamata anda . Lap dengan lembut dan dengan gerakan melingkar. Anda bisa beli harga sekitar 25000-50000 di toko komputer terdekat.

Jika cara diatas tidak membersihkan layar, bisa menyemprotkan dengan cairan pembersih lcd harganya cukup murah. Atau kalau tidak ada anda juga bisa menggunakan minyak kayu putih. Jangan sekali-kali anda membersihkan layar laptop dengan air biasa itu bisa menyebabkan lapisan lcd rusak.

Demikian tips merawat laptop biar awet semoga bisa bermanfaat untuk anda.
Kalau ada yang kurang silahkan berkomentar dibawah.


Loading...

0 Response to "Cara Merawat Laptop Biar Lebih Awet Dengan 6 Tips Ini"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel