Apa Pentingnya Syntax dalam Dunia Komputer?


Saat ini kita sebagian besar bergantung pada banyak gadget elektronik dan listrik di sekitar kita.
 Sebagian besar dari mereka berjalan pada perangkat lunak tertanam diinstal pada motherboard. Sekarang pertanyaannya bagaimana software ini bekerja? Mari kita jelaskan secara rinci.

photo:pixabay

Di Dunia Komputer setiap software berjalan pada beberapa jenis perintah, dan bagian dari perintah disebut syntax. Syntax adalah tidak lebih petunjuk yang tercantum dalam format terstruktur, juga dapat disebut sebagai bahasa pemrograman yang lunak dapat mengerti.

Misalnya, memikirkan sebuah bahasa seperti Indonesia, Hindi, bahasa Inggris atau Perancis dll setiap bahasa memiliki karakter khusus dan tanda baca digunakan dengan cara yang benar sehingga seseorang mendengar atau membaca kata-kata dapat memahami dengan benar. Jika entah bagaimana karakter dalam kata-kata ditempatkan zigzag dalam sebuah kalimat, maka akan sangat sulit untuk dipahami oleh seseorang.

Sama seperti bahasa apapun, struktur, atau syntax, dari perintah Komputer harus dikodekan atau dieksekusi sempurna dalam rangka untuk itu harus dipahami, dengan semua kata-kata, simbol, dan karakter lainnya diposisikan dalam cara yang tepat.

Mengapa Syntax Penting?

Apakah Anda mengharapkan seseorang yang membaca dan berbicara hanya dalam bahasa Rusia untuk memahami bahasa Jepang? Atau bagaimana seseorang yang hanya mengerti bahasa Inggris, untuk bisa membaca kata-kata yang ditulis dalam bahasa Italia?

Demikian pula, program yang berbeda (seperti bahasa yang berbeda) membutuhkan aturan yang berbeda yang harus diikuti sehingga perangkat lunak (atau orang, dengan bahasa lisan) dapat menafsirkan permintaan Anda.

Syntax merupakan konsep penting untuk memahami ketika bekerja dengan perintah Komputer karena penggunaan yang tidak tepat dari syntax akan berarti bahwa Komputer tidak bisa mengerti apa yang Anda harapkan.

Mari kita lihat perintah ping sebagai contoh yang tepat, dan tidak tepat, syntax. Cara yang paling umum bahwa perintah ping digunakan adalah dengan menjalankan ping, diikuti dengan alamatIP, seperti ini:

ping 192.168.1.1

Syntax ini adalah 100% benar, dan hanya karena itu adalah benar, baris perintah penerjemah seperti CommandPrompt di MicrosoftWindows, dapat mengerti bahwa kita ingin memeriksa apakah Komputer dapat berkomunikasi dengan perangkat tertentu pada jaringan atau tidak.

Namun, perintah tidak akan bekerja jika kita menata kembali teks seperti ini:

192.168.1.1 ping

Kamu tidak menggunakan syntax di sini. Meskipun perintah terlihat sama tetapi itu tidak akan berhasil, karena Komputer tidak tahu bagaimana menangani perintah ini.

Perintah Komputer yang memiliki syntax yang salah sering dikatakan memiliki kesalahan syntax, dan tidak akan berjalan seperti yang diinginkan sampai syntax tersebut diperbaiki.

Setiap perintah memiliki sesuatu yang berbeda untuk melakukan maka mereka disebut syntax yang berbeda. Hanya satu aturan untuk diingat yaitu kita harus mengikuti aturan-aturan tertentu yang berlaku untuk bagaimana mereka dapat digunakan.

Semoga ini artikel tentang “ApaPentingnya Syntax dalam Dunia Komputer?” bermanfaat untuk anda yang membutuhkan.

Baca juga:
  1. Tips mengatasi Google Chrome yang error
  2. Trik Cara Ketahui Lokasi Seseorang via Whatsapp atau Telegram 
  3. cara daftar gratis wifi.id dengan akun telkom id
  4. ini cara mengulang video favorit di YouTube secara otomatis


Loading...

0 Response to "Apa Pentingnya Syntax dalam Dunia Komputer?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel