10 Tips & Trik Berguna di Android yang Anda Perlu Ketahui

Dalam artikel ini, saya menampilkan 10 tips dan trik berguna di android yang dapat meningkatkan pengalaman Anda saat menggunakan perangkat Android Anda. 

10 Tips & Trik Berguna di Android yang Anda Perlu Ketahui

Catatan bahwa langkah-langkah ini mungkin berbeda sedikit dari beberapa ponsel android lainnya karena perbedaan dalam membangun versi OS, tetapi jika Anda sudah memahami ponsel android anda, maka untuk langkah berikutnya dengan mudah anda bisa coba sendiri.

10 Tips & Trik Berguna di Android yang Anda Perlu Ketahui

1. Nonaktifkan Notifikasi Aplikasi


Notifikasi pemberitahuan aplikasi kadang menjengkelkan yang terus berbunyi sepanjang waktu. Dan anda perlu ketahui, notifikasi pemberitahuan aplikasi ini juga menguras baterai ponsel androidanda. Jika Anda ingin mematikannya, dan Anda berada di Jelly Bean 4.1 atau versi di atasnya, Berikut caranya:

Pada setiap pemberitahuan yang tidak diinginkan Anda di bar pemberitahuan Anda, tekan lama pada pemberitahuan untuk memunculkan kotak pesan.

Ketuk di App Info> Untick Tampilkan Pemberitahuan> OK.

2. Disable Data Ponsel


Tidak setiap saat anda perlu untuk tetap terhubung ke internet, menonaktifkan Mobile Data dapat membantu menjaga baterai smartphone Anda dari lowbet yang cepat. Mematikan mobile data sangat mudah:

Buka Settings> Data Usage.

Menonaktifkan data internet seluler dengan ditandai Toggling pengaturan dari ON ke OFF.


3. Atur Penggunaan Kuota Mobile Data


Ingin mengetahui seberapa banyak penggunaan kuota Anda dari batas data seluler bulanan Anda? Jika Anda memiliki Android OS versi ICS dan di atasnya, ada fitur yang memungkinkan Anda mengetahui berapa banyak kuota yang tersisa.

Buka Settings> Data Usage.

Tetapkan batas kuota data Anda dengan menyeret garis oranye untuk memberikan peringatan kuota internet bulanan Anda.

Mengatur siklus penggunaan data internet berdasarkan "bulan” dimulai dan berakhir sesuai yang anda inginkan.

Anda akan diberitahu setelah Anda mencapai batas yang telah ditetapkan. Perhatikan bahwa penggunaan data warning dari ponsel Anda mungkin sedikit berbeda dari gambar yang ada.


4. Gunakan Banyak Akun Google

Anda memerlukan sebuah akun Google untuk menggunakan ponsel Android tetapi apakah Anda tahu Anda dapat memilih untuk men sinkronkan lebih dari satu akun Google di perangkat Android Anda.

Ini akan nyaman jika Anda memakai lebih dari satu akun untuk beberapa layanan Google di Android anda. Untuk menambahkan beberapa akun Google:

Buka Pengaturan> Tambahkan akun.

Pilih Google dan set-up akun Google baru atau yang ada.

Setelah ditambahkan, memilih apa-apa yang ingin disinkronkan dengan akun tersebut.

Silahkan ikuti langkah diatas bila anda menginginkan banyak akun google.




5. Nonaktifkan Update Otomatis Aplikasi


Lebih suka membaca melalui izin aplikasi dan memilih manual mana update aplikasi yang anda ingin update. Tapi pertama-tama Anda perlu menonaktifkan pembaruan aplikasi otomatis. Berikut langkah-langkahnya:

Buka Play Store dan pilih Settings.

Ketuk Pembaruan aplikasi.

Pilih Jangan auto-update aplikasi.

Jika Anda ingin mengaktifkan update otomatis, plih Pembaruan aplikasi setiap saat atau hanya melalui Wi-Fi (tersedia untuk perangkat Android tertentu saja).



Untuk memperbarui aplikasi secara manual, hanya membuka Play Store, dan menggesek halaman utama dari kiri dan pilih My Aplication.

 Anda dapat mengetuk aplikasi dengan tunda update dan anda meng update secara manual, atau jika Anda ingin memperbarui semuanya sekaligus, silahkan pilih Update Semua.

6. Periksa Pembaruan OS sistem android


Untuk pengguna Android yang menggunakan ROM, Anda mungkin ingin mencari pembaharuan terbaru untuk sistem Android anda. Dengan memeriksa pengaturan pembaruan:

Buka Pengaturan> About ponsel / tablet.

Tekan update sistem.

Kemudian ketuk Periksa sekarang untuk mencari pembaruan sistem.





7. Mengubah App Default


Jika Anda telah menetapkan beberapa aplikasi bawaan android untuk job-job tertentu (contohnya menggunakan Chrome untuk membuka link web) tapi ingin mengubahnya:

Buka Pengaturan> Aplikasi.

Gesek ke kanan dan mencari Semua tab.

Pilih aplikasi yang ingin Anda hapus sebagai default.

Tekan pada Clears default.




8. Atur Shortcut App di Homescreen Dengan Folder

Setelah Anda memiliki banyak aplikasi yang telah diinstal, layar homescreen Anda mungkin diisi dengan shortcut aplikasi. 

Tidak seperti yang anda inginkan, aplikasi di layar home Anda tidak tersusun sesuai abjad. Jadi, Anda mungkin ingin menyiapkan beberapa folder di shotcut di layar homescreen Anda.

Dengan asumsi Anda memiliki lebih dari beberapa shortcut yang telah ada di layar homescreen Anda, tekan lama pada salah satu shortcut dan geser ke shortcut lain.

Dengan ditandai sebuah lingkaran akan muncul di sekitar area aplikasi, menunjukkan bahwa folder yang telah dibuat.

Dengan mengetuk pada folder yang barusan dibuat, jendela kecil akan segera muncul dengan aplikasi Anda di dalamnya.

Anda dapat menggeser dan mendrop aplikasi tambahan ke folder jika Anda suka. Anda juga dapat mengubah nama folder dengan mengetuk pada area text di posisi bagian bawah jendela kecil tersebut.




9. Nonaktifkan Animasi


Berikut tips & triknya cara untuk membuat perangkat Android Anda bekerja dengan ringan dengan menonaktifkan animasi nya. Anda perlu memiliki akses langsung di Developer Options yang dapat ditemukan di bawah Pengaturan atau Perangkat.

Catatan: Untuk beberapa tipe ponsel android , Anda perlu ke Build Number dan tekan berulang kali sampai Anda melihat "You are now Developer!". Pilihan pada opsi developer sekarang diaktifkan.

Di bawah enable Opsi Developer, cari skala animasi Transisi, skala window animasi, dan skala durasi Animator. Kemudian, mematikannya (menonaktifkan) satu per satu.



10. Matikan (Turn Off) Auto-Correction


Munkin anda kesal dengan settingan auto-correction yang muncul membuat anda typo ketika mengetik kata.

Buka Pengaturan> Language & Input.

Tekan pada pengaturan icon di samping keyboard yang Anda gunakan, contohnya Google Keyboard.

Cari dan temukan Auto-koreksi dan tekan di atasnya.

Pilih Off untuk mengaktifkan auto-correction off.


Loading...

0 Response to "10 Tips & Trik Berguna di Android yang Anda Perlu Ketahui"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel