6 tips ampuh cegah penipuan jual-beli online

Hari ini luar biasa perkembangan bisnis online begitu memanjakan pelanggan utamanya di kota-kota besar. Banyak menawarkan kemudahan bahkan sampai pelanggan tak perlu keluar rumah anda akan diantarkan langsung. 

Meskipun begitu mudah mendapatkan barang yang anda butuhkan tapi anda juga perlu meningkatkan kewaspadaan dengan para penjual yang menjajakan barang via online. Kenapa karena jual-beli online anda tidak akan bertemu langsung dengan penjualnya, media sosial, situs jual-beli, atau seperti facebook, twitter, bukalapak, olx, itulah media transaksi anda. Namun tentu tak jarang kita liat kasus-kasus penipuan yang banyak memakan korban yang tidak sedikit bahkan ada sampai puluhan juta.


Nah ada tips dari kami yang bisa kami berikan sehingga bisa menjadi referensi anda sebelum bertransaksi via online berikut ini:


  • Cek dengan teliti profil dan reputasi penjual

Pastikan profil dan reputasi si penjual jelas sehingga menjauhkan anda dari kasus penipuan. Ini pun butuh ketelitian karena bisa saja identitas dan reputasi itu hasil manipulasi. Nah alangkah bagusnya anda bisa sering dengan orang-orang yang pernah bertransaksi dengan penjual yang anda hubungi. Forum kaskus, Forum jual beli lainnya bisa jadi tempat anda memastikan bahwa si penjual betul-betul aman.
  • Utamakan penjual dengan lokasi paling dekat dengan anda
Walau jual-beli online tidak mengenal jarak paling tidak jika terjadi tindak penipuan anda dengan mudah melapor ke kepolisian terdekat. Sehingga bisa segera di proses kasusnya dikepolisian karena lokasinya dekat dengan anda.
  • Cari yang punya fasilitas rekening bersama
Rekening bersama ini penting karena transaksi kita yang sistem transfer sangat mudah perlu ada instansi perantara yang menghubungkan anda dengan penjual. Kalau penjual belum terdaftar rekening bersama ajaklah banyak penyedia yang menyiapkan secara gratis. Contohnya forum jual beli kaskus , tokopedia ataupun bukalapak. Kalau si penjual menolak dengan berbagai alasan bisa dipastikan ada motif penipuan.
  • Proritaskan COD (cash on delivery)
Sistem ini sangat ampuh menghindarkan kita dengan penipuan online. Kita juga bisa memastikan barang yang ingin kita beli sesuai keinginan kita. Walau sedikit repot karena kita harus keluar rumah lagi.
  • Minta bukti resi pengiriman barang.
Walau tak selamanya bisa dilakukan COD tapi dengan ada bukti pengiriman barang anda bisa mencari tahu sendiri posisi barang anda. Ini biasa tersedia di situs pos, Jne ataupun tiki. dan masih banyak lagi yang lain.

  • Jangan mudah tergiur barang promo atau diskon
Nah kasus seperti ini banyak terjadi karena banyak yang tergiur barang diskonlah, black marketlah, ataupun lolos bea cukai. Pastikan anda mengecek harga normal barang yang anda inginkan, kalau harga diskon terlalu murah melewati batas kewajaran perlu anda pertimbangkan untuk membeli barang tersebut.
  • Laporkan segera apabila anda menjumpai tindakan penipuan
Penipu bisa menggunakan pesan sms atau telpon langsung dan mengatasnamakan perusahaan besar atau agency tertentu. Dengan penawaran yangs sifatnya iming-iming atau tidak wajar anda bisa melaporkan melalui provider yang dipakai si penipu tersebut biar nomor yang dipakai di blokir.
Ini formatnya: 

Telkomsel
Format SMS : Penipuan#Nomor Pengirim SMS penipuan#isi SMS penipuan
Lalu kirim ke 1166
Contoh sms : Penipuan#0812123456#Selamat anda mendptkan 1 unit mbl honda jazz dr telkomsel poin.
IndosatFormat SMS : SMS(spasi)Nomor Pengirim SMS penipuan(spasi)isi SMS Penipuan
Lalu kirim ke 726
Contoh sms : SMS 085612345678 Selamat anda mendptkan 1 unit mbl Xenia dr Kopi kapal api.
XL
Format SMS : LAPOR#Nomor Pengirim SMS penipuan#isi SMS penipuan
Lalu kirim ke 588
Contoh sms : LAPOR#081789123456#Selamat anda mendptkan 1 unit mtr Honda dr Pt. Indofood.
Halaman terkait lainnya bisa anda baca juga:
Semoga kita tetap waspada dibalik kemudahan transaksi jual-beli online saat ini, dan artikel Tips menghindari penipuan jual-beli online ala Barokong Network bisa berguna.
Loading...

0 Response to "6 tips ampuh cegah penipuan jual-beli online "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel