Baca ini !!! apa yang mempengaruhi kinerja komputer atau laptop cepat

Catatan:Artikel ini membantu menjelaskan komponen dalam laptop atau komputer yang membantu membuatnya cepat. 
Ada beberapa komponen dalam komputer yang membantu membuatnya lebih cepat dan lebih kuat. Di bawah ini adalah daftar komponen hardware utama yang membantu berkontribusi pada kinerja komputer. Perlu diingat bahwa bahkan perangkat lunak yang berjalan pada komputer dapat mempengaruhi kecepatan komputer.

Processor (CPU)

google images

Keseluruhan speed atau clock speed dari komputer danseberapa cepat ia mampu pengolahan data dikelola oleh prosesor komputer ( CPU ). Komputer akan jauh lebih cepat dan lebih kuat ketika ia mampu menjalankan instruksi lebih setiap detik.Sebagai contoh, prosesor komputer pertama adalah Intel 4004 , yang hanya 740 kHz prosesor dan mampu memproses sekitar 92.000 instruksi per detik. Prosesor saat ini adalah multi-core GHz prosesor mampu memproses lebih dari 100 milyar instruksi per detik.

Cache

Meskipun komputer saat ini dapat mengeksekusi milyaran instruksi setiap detik, prosesor biasanya menunggu instruksi tersebut dari jenis yang lebih lambat dari memori komputer. Karena RAM dan hard drive lebih lambat dari CPU, prosesor komputer dan motherboard menggunakan tembolok untuk mentransfer data antara prosesor, memori, dan komponen dalam komputer. Cache adalah jenis tercepat memori dan komputer dengan lebih L2 Cache atau L3 Cache mampu menyimpan instruksi lebih dan mengirim instruksi tersebut ke prosesor lebih efisien.

Memory (RAM)

Sebuah komputer dengan lebih banyak memori ( RAM ) akan mampu menyimpan lebih banyak program yang sedang berjalan di memori. Jika komputer Anda kehabisan memori, komputer harus menukar data yang tidak terpakai disimpan dalam memori ke disk drive sampai dibutuhkan lagi. Dengan menambahkan langkah tambahan ini dan karena hard drive adalah jenis paling lambat memori komputer Anda bisa menjadi jauh lebih lambat jika tidak memiliki cukup memori.
google images

Kecepatan BUS

The bus kecepatan motherboard dapat meningkatkan atau menurunkan kecepatan di mana data sedang ditransfer antara semua komponen hardware di komputer. Misalnya, Front Side Bus ( FSB ) dari 66 MHz akan menjadi jauh lebih lambat dari FSB 400 MHz.Jika komputer memiliki bus lambat, prosesor harus menunggu lebih lama untuk petunjuk, yang membuat komputer berjalan lebih lambat.

Perangkat keras/Harddisk

Ada beberapa komponen dari hard disk drive yang dapat membuatnya lebih lambat atau lebih cepat, yang membuat komputer Anda berjalan lebih lambat atau lebih cepat secara keseluruhan.
google images

Misalnya, hard drive dapat menyebabkan komputer menjadi lambat karena bagian yang bergerak di dalam hard drive, yang menghasilkan lebih lambat membaca dan menulis dari dan ke hard drive. Namun, yang lebih baru dan lebih cepat yang solid state drive (SSD) tidak memiliki bagian yang bergerak, yang menghasilkan lebih cepat membaca dan menulis dari dan ke hard drive.
Di bawah ini adalah daftar faktor yang berkontribusi terhadap kecepatan hard drive.
  • Sebuah SSD drive yang tidak memiliki bagian yang bergerak, yang membuatnya jauh lebih cepat daripada tradisional HDD .
  • Komputer lama menggunakan EIDE (ATA) kabel dan port untuk menghubungkan drive, yang memiliki transfer rate jauh lebih lambat daripada SATA kabel dan port yang digunakan dalam komputer yang lebih baru.
  • The RPM dari HDD adalah seberapa cepat piring-piring di dalam hard drive spin.Sebuah hard drive 5400 RPM akan jauh lebih lambat dari 7200 RPM drive.
  • Karena cache adalah jenis tercepat memori, hard drive dengan cache yang lebih besar memungkinkan data yang akan ditangani secara lebih efisien ketika itu ditransfer antara komputer dan hard drive.

Kartu video/ VGA Card
google images

Jika Anda bermain game komputer terbaru, kuat kartu video dengan CPU sendiri ( GPU ) dan memori sendiri membuat permainan berjalan lebih cepat. jenis kartu video membantu dengan kinerja komputer dengan mengambil tanggung jawab memproses render 3D dan tugas-tugas kompleks lainnya. Semakin kuat kartu video, semakin baik dapat membuat grafis 3D dan cepat dapat menangani pengolahan keseluruhan grafis untuk permainan.
Antarmuka kartu video juga merupakan faktor yang berkontribusi terhadap kinerja kartu video. Misalnya, lebih tua AGP kartu video jauh lebih lambat daripada yang lebih baru PCI Express video card.
Loading...

2 Responses to "Baca ini !!! apa yang mempengaruhi kinerja komputer atau laptop cepat "

  1. Apakah Software juga mempengaruhi kecepatan laptop?,

    nitip sendal http://am-tutorial.tk/

    ReplyDelete
  2. pastinya gan bisa dari windows nya juga apalgi diserang virus..tks gan

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel