Cara Mudah Merawat Hard Disk dan Analisa Kerusakan


Hardisk menjadi bagian yang sangat penting pada komputer dan laptop. Hardisk yang tidak mengalami masalah tentunya akan terlihat dari maksimalnya kerja komputer dan laptop. Lalu bagaimana dengan hardisk yang mulai bermasalah atau cenderung menjadi rusak.
Baca juga:

Mengenali Kerusakan pada Hardisk dan Cara Merawatnya
Gambar via: smeaker.com
Anda sebaiknya mulai mengenali apa saja ciri-ciri dari hardisk komputer dan laptop yang bermasalah atau rusak. Beberapa ciri hardisk yang rusak yang bisa Anda kenali di antaranya sebagai berikut.
  1. Hardisk mulai tidak terbaca pada bios.
  2. Komputer atau laptop Anda menjadi lebih mudah tiba-tiba tidak berfungsi atau hang.
  3. Mulai terjadi crash pada freeze dan sistem operasi komputer atau laptop.
  4. Komputer atau laptop mulai menunjukkan gejala berjalan dengan lambat atau lemot.
  5. Komputer atau laptop mulai tidak nyaman digunakan seperti biasanya.
  6. Keluarnya bunyi yang terdengar aneh seperti bunyi “trek.. trek” tepat ketika laptop atau kommputer mulai dinyalakan.
  7. Pada saat komputer atau laptop mulai dinyalakan, pada layar akan mulai muncul pesan yang berbunyi “Hard Disk S.M.A.R.T. status bad, backup and replace”.
  8. Ketika komputer atau laptop dinayalakan, atau bahkan ketika sedang digunakan, mulai muncul blue screen of death atau BSOD.
Beberapa ciri atau tanda mulai rusaknya hardisk tersebut mungkin saja bisa Anda alami. Berbagai ciri lainnya bisa saja muncul, jadi sebaiknya Anda waspada dan teliti.
Jika Anda ingin agar hardisk dalam laptop dan komputer Anda tetap awet serta tidak mudah rusak, maka Anda harus merawatnya dengan baik. Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan untuk merawat hardisk agar tetap tahan lama digunakan.
Mengenali Kerusakan pada Hardisk dan Cara Merawatnya
Gambar via: husnicahyagumilar.com

Matikan Komputer dengan Benar

Proses mematikan komputer memberikan pengaruh pada keawetan hardisk. Jika Anda ingin agar hardisk bisa tetap awet, maka jangan sampai mematikan komputer secara mendadak. Kebiasaan mematikan komputer secara mendadak hanya akan membuat hardisk menjadi bermasalah.

Perhatikan Jumlah Aplikasi yang Terinstal

Anda tentunya ingin memiliki berbagai aplikasi menarik di komputer atau laptop Anda. Hanya saja, Anda tetap harus memerhatikan dan memilih aplikasi apa saja yang memang sebaiknya diinstal dalam komputer atau laptop Anda.
Jika komputer atau laptop memiliki banyak sekali aplikasi yang terinstal, maka itu akan membuat membebani hardisk lebih berat lagi. Komputer atau laptop bisa saja menjadi lebih lambat atau bahkan memicu kerusakan pada hardisk.

Usahakan Selalu Ada Sisa Ruang pada Hardisk

Setiap orang memiliki kebutuhan penyimpanan data yang berbeda. Bahkan banyak juga yang sampai membuat hardisk menjadi penuh tanpa sisa ruang. Anda harus memerhatikan hal ini dengan baik. Tetap sisakan ruang kosong pada hardisk sebagai salah satu langkah perawatan hardisk agar tetap awet.

Rawat Hardisk dengan Baik

Secara fisik, hardisk juga harus dirawat dengan baik. pastikan hardisk tidak sampai terkena air. Hal ini tentunya akan sangat berpengaruh pada kinerja hardisk. Pastikan juga hardisk tidak sampai goyang atau bahkan terjatuh. Jika Anda sudah bisa menjaga hardisk secara fisik, maka Anda hanya tinggal menjaga hardisk dari dalam.

Cegah Komputer atau Laptop dari Kondisi Pemadaman Listrik Tiba-Tiba

Mati lampu secara tiba-tiba memang tidak akan terduga. Jika komputer sering mengalami putus listrik secara tiba-tiba, tidak baik untuk kinerja hardisk. Sebaiknya selalu mengecek atau mencari informasi kemungkina akan adanya pemadaman listrik sehingga Anda tidak akan menyalakan komputer jika memang pemadaman listrik akan terjadi.

Itulah informasi mengenai cara merawat hardisk serta beberapa ciri terjadinya kerusakan pada hardisk. Semoga bermanfaat!
Sumber : Plimbi.com
Loading...

0 Response to "Cara Mudah Merawat Hard Disk dan Analisa Kerusakan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel